Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Potret Perburuan Siput Laut di Pesisir Pantai Batuhiu

Potret Perburuan Siput Laut di Pesisir Pantai Batuhiu

Pangandaranlife.com – (14/01) Dalam beberapa hari terkahir ini banyak masyarakat/nelayan yang memadati sekitar pesisir Pantai Batuhiu Pangandaran  untuk berburu keong/siput laut. Masyarkat biasanya sudah berada di lokasi pantai sebelum matahari terbit atau sekitar pukul tiga sampai lima pagi dengan membawa peralatan seadanya untuk berburu  seperti alat serok dan ember.

Menurut salah satu pemburu siput, Ujang herdi menuturkan bahwa dirinya biasanya berburu lebih awal “Kalau saya biasanya berangkat dari pukul dua pagi, nanti air laut biasanya surut itu sekitar jam tiga pagian, tapi sebenarnya ini tergantung kapan pasang surut saja, tidak mesti harus dari jam tiga”, tutur Herdi 

“Biasanya ketika air surut”, lanjut herdi “nanti terlihat semacam pelatar pasir pantai, kita cukup menggali pasirnya dengan tangan atau serok karena keong tersebut bersemayan didalam pasir”

siput coklat pantai batuhiu pangandaran

Jenis siput yang diburu adalah jenis laut dengan cangkang bagian atas berwarna kecoklatan dan pinggir berwarna putih sementara dagingnya berwarna putih kekuningan. Ukuran siputnya pun beragam tetapi rata – rata hampir seukuran bola pingpong. Harga perkilo yang dijual nelayan ke Bandar atau masyarakat umum terbilang cukup murah yaitu 19.000 - 20.000 / kg. Rasa keong laut ini sangatlah gurih, kita bisa memasaknya dengan bumbu saus tiram atau dengan cara lainnya, seperti direbus lalu digoreng atau bisa dibakar langsung tanpa harus dikeluarkan dari cangkangnya.

Sementara itu para Bandar yang menampung ataupun membeli siput tersebut dari nelayan biasanya akan menjualnya kembali ke masyarkat atau restoran – restoran seafood baik yang berada didalam atau diluar Pangandaran 


Posting Komentar untuk "Potret Perburuan Siput Laut di Pesisir Pantai Batuhiu"