Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Revitalisasi Pantai Madasari: Pangandaran Sambut Era Wisata Premium

Revitalisasi Pantai Madasari: Pangandaran Sambut Era Wisata Premium

Pangandaranlife.com - Setelah diambil alih pengelolaannya oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran, obyek wisata Pantai Madasari di Kecamatan Cimerak akan mengalami perubahan menjadi destinasi premium. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pangandaran, Kusdiana, mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya tengah membahas pengelolaan Pantai Madasari yang kini berada di bawah kendali Pemda seperti destinasi wisata lainnya.

"Madasari tidak lagi menjadi milik Pemdes Masawah, melainkan telah menjadi obyek wisata yang dikelola oleh Pemda seperti tempat wisata lainnya. Kami berharap sisi pelayanan, keberlanjutan wisata, dan pengelolaannya dapat berjalan secara maksimal," ujar Kusdiana (24/01)

Untuk mendukung pengembangan, Kusdiana menyebut bahwa regulasi terkait pengelolaan Pantai Madasari sedang direvisi dan diharapkan segera selesai. "Setelah itu, kami akan melakukan sosialisasi dan peninjauan langsung ke lapangan," tambahnya.

Pihak terkait, termasuk dari masing-masing SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah), akan dilibatkan dalam percobaan terkait masalah parkir, keamanan, dan aspek lainnya. Evaluasi akan dilakukan oleh Pemda untuk memastikan implementasi pengelolaan Pantai Madasari berjalan efektif.

Kusdiana mengakui bahwa kunjungan wisatawan ke Pantai Madasari telah mengalami peningkatan signifikan, terutama pada bulan Januari dengan jumlah sekitar 230 ribu wisatawan. Dalam penataan kawasan yang sebelumnya dikelola oleh Pemdes Masawah, Pemkab Pangandaran berharap dapat memanfaatkan bantuan anggaran dari provinsi untuk penataan dan peningkatan sarana yang ada.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran, Tonton Guntari, menyatakan bahwa Pantai Madasari akan diubah menjadi destinasi wisata premium yang berbeda dengan Pantai Pangandaran. "Konsep premium akan memberikan perbedaan pada kelas wisatawan yang datang, dan meski Pantai Pangandaran sudah ramai, Pantai Madasari masih memiliki potensi untuk dikembangkan sebelum menjadi sepopuler Pantai Pangandaran," ucapnya.

Guntari juga menambahkan bahwa di Pantai Madasari, wisata bentuk lain seperti area camping ground akan dikembangkan, sementara fasilitas yang sudah dikelola oleh masyarakat akan dipertahankan, dengan Pemda bertanggung jawab untuk menambah fasilitas seperti pembangunan toilet, penyediaan air bersih, dan lain-lain

Posting Komentar untuk "Revitalisasi Pantai Madasari: Pangandaran Sambut Era Wisata Premium"