Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Potret Bangunan Pemecah Gelombang di Pantai Bojongsalawe

Potret Bangunan Pemecah Gelombang di Pantai Bojongsalawe

Pangandaranlife.com – Batuan besar yang membentuk suatu barikade dengan panjang kurang lebih 1 km dan tinggi 7 meter yang berada di selatan pantai bojongsalawe ini merupakan proyek bangunan pemecah gelombang yang selesai dikerjakan pada akhir tahun 2023 lalu.

Lihat juga : Abrasi Pantai di Pantai Batuhiu - Bojongsalawe Membuat Jalan Terancam, Pemda Berencana Pasang Break water

Umumnya Water Break atau pemecah gelombang ini terdiri dari beton atau batuan besar yang bertujuan untuk memecah gelombang dan melindungi garis pantai dari hantaman ombak sehingga abrasi pada pantai dapat ditekan tetapi selain dengan tujuan tersebut water break yang dibangun di pantai bojongslawe ini diharapkan dapat membantu nelayanan pada saat keluar masuk ke arah laut karena tidak sedikit kasus – kasus nelayanan yang mengalami kecelakaan seperti perahu terbalik akibat hantaman gelombang di area tersebut.

barikade pemecah gelombang pantai bojongsalawe

Bangunan pemecah gelomban ini terletak disebelah selatan sekitar kurang lebih 100 meter dari dermaga kapal. Barikade beton atau batuan tersebut terdiri dari dua buah sisi yaitu sisi kiri dan kanan, yang membentuk seperti sebuah pintu masuk, karena memang pada kenyataanya itu merupakan pintu masuk dan keluarnya perahu nelayanan dari sungai yang menuju langsung ke lepas pantai.

Kendati kita tahu fungsi sebenarnya dari adannya pemecah gelombang atau water break tersebut, tetapi rasanya sudah tidak heran saja jika diluar fungsi tersebut tidak sedikit dari masyarakat yang memanfaatkan barikade batu besar pemecah gelombang tersebut untuk kegiatan seperti memancing ikan, sebab setelah diselesaikannya proyek pembangunan tersebut, area itu tidak pernah sepi dari kehadiran para pemancing 


Posting Komentar untuk "Potret Bangunan Pemecah Gelombang di Pantai Bojongsalawe"