Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peringatan Kesehatan Nasional Ke-58 , Bupati Berpesan Agar Puskesmas Selalu Siap Sedia

Peringatan Kesehatan Nasional Ke-58 , Bupati Berpesan Agar Puskesmas Selalu Siap Sedia
Sumber foto : TIm Publikasi Kab. Pangandaran

Bupati Pangandaran H. Jeje Wiradinata, menghadiri dan membuka pekan olahraga kesehatan (PORKES) tingkat Kabupaten Pangandaran, bertempat di alun-alun Paamprokan, pada Minggu pagi (27/11/2022).

Pekan olahraga kesehatan kembali digelar di Pangandaran, jika tahun-tahun kebelakang acara berlangsung secara indoor, hari ini untuk membentuk suasana baru, perayaan berlangsung outdoor. Acara ini sekaligus untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke-58, dengan mengusung moto tema  tahun ini "Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku".

Berdasarkan laporan ketua penyelenggara, Sekretaris Dinas Kesehatan, drg. Asep Kemal Pasha, Sp.KGA, M, M, beliau menyatakan rangkaian acara telah dimulai dari 21 November 2022.

Berbagai lomba telah berlangsung dalam kurun waktu tersebut, diantaranya; pertandingan bola volley, senam, tarik tambang, dan tadi malam pertandingan got talent dengan tujuan untuk mencari talent baru yang terpendam yang dimiliki di lingkup Puskesmas maupun UPTD Kesehatan di Kabupaten Pangandaran,

"Tadi malam kita laksanakan pertandingan got talent, dengan maksud mencari talent-talent baru, atau bakat-bakat baru yang terpendam, yang ada di seluruh Puskesmas maupun UPTD di lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran." Ucapnya.

Kemudian yang akan berlangsung hari ini, yaitu casual walk with fashion, dimana para peserta akan mengikuti lomba jalan santai menggunakan kostum yang di desain sekreatif mungkin. Acara ini diikuti oleh RSUD Pandega Pangandaran, 15 Puskesmas, UPTD Farmasi, UPTD Labkesda.

Masih menurut drg. Asep, beliau berharap dengan dilaksanakan acara ini bisa menjadi semangat dan inspirasi baru setelah menghadapi pandemi.

"Mudah-mudahan dengan acara ini kita semua dapat meningkatkan rasa kekeluargaan, memupuk rasa persatuan diantara kita terutama para nakes, mudah-mudahan menjadi semangat baru, menjadi inspirasi baru, setelah sekian lama terpenjara oleh Covid-19." Ujarnya.

Bupati Pangandaran ikut serta dalam euforia ini, beliau bahkan memberi sambutan tidak di atas panggung, melainkan di lapang agar lebih dekat dengan para peserta, dan bisa mendengarkan beliau dengan lebih jelas.

"Kenapa saya mau panas-panasan, biar sekarang temen-temen dengerin dulu saya pidato dulu, sebentar saja."

Bupati Pangandaran mengatakan hal yang senada dengan ketua penyelenggara, pagelaran ini merupakan ajang untuk silaturahmi dan penyegaran bagi tenaga kesehatan di Kabupaten Pangandaran.

"Pekan olahraga kita kan pekan olahraga yang sifatnya silaturahmi, yang sifatnya dalam rangka brainstorming atau penyegaran, dalam rangka silaturahmi untuk menyatukan kebersamaan kita sebagai insan kesehatan," Ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Pangandaran juga menegaskan agar Puskesmas selalu siap sedia setiap saat untuk masyarakat, beliau secara khusus meminta agar Puskesmas bisa memiliki jadwal operasional yang teratur guna meningkatkan pelayanan.

"Tidak boleh puskesmas sebagai pelayanan masyarakat kosong, kita bagi yang pagi siapa yang siang siapa, kita ingin 24 jam ada dokter, minimal sampai jam 12 malam".

Setelah selesai memberi sambutan, acara utama pada hari ini dimulai, para peserta nampak apik menggunakan kostum yang beragam, dimulai dari cosplay yang bertemakan kesehatan, menggunakan baju tradisional, maupun merangkai kostum dari barang-barang bekas seperti kantong kresek dan kertas koran.

Bupati Pangandaran lantas melepas peserta casual walk with fashion di pintu start, diikuti oleh peserta lain setelahnya. (Tim Publikasi)

Sumber : portal.pangandarankab.go.id


Posting Komentar untuk "Peringatan Kesehatan Nasional Ke-58 , Bupati Berpesan Agar Puskesmas Selalu Siap Sedia"