jalan bagus
Pangandaranlife.com, - Jalan merupakan prasarana trasnportasi yang memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang kemajuan suatu daerah, kabupaten, provinsi ataupun negara. Jika jalan untuk akses transportasi baik maka akan dapat meningkatkan kegiatan ekonomi di suatu daerah, dimana orang akan lebih terdorong untuk berpergian, mengirim barang atau membeli barang dari atau ke suatu daerah. 
 
Akses jalan yang baik dapat memperlancar kegiatan ekonomi, sebuah komoditi dapt mengalir dari sebuah pasar ke pasar lain yang terdapat di luar daerah, hal ini juga berpengaruh terhadap berkembangnya perekonomian disepanjang lintasan jalan, seperti contoh dipertengahan lintasan jalan utama yang menghubungkan kawasan wisata - wisata di pangandaran, penduduk dapat mendirikan warung – warung, restoran, dsb. Penduduk dapat menjual makanan kepada para wisatawan yang melewati jalur wisata. Semua hal ini tentunya sangat disadari oleh Pemkab Pangandaran, sehingga pada awal tahun 2018 ini  akses jalan yang  menuju beberapa tempat wisata di Kab. Pangandaran sudah selesai diperbaiki.
 
Desa Bungur Raya Kec. Langkaplancar merupakan salah satu Desa penghasil buah kapol. Pada umumnya masyarakat yang berada/tinggal didaerah perbukitan di Kab. Pangandaran mereka banyak bertaniberprofesi sebagai petani, dan salah satu komoditi yang cukup diminati adalah Kapol. Desa Bungur Raya yang berada di Langkaplancar bukan satu – satunya desa yang menghasilkan buah kapol, beberapa daerah/desa khususnya di Langkaplancar banyak yang menanam buah kapol, semua itu karena memang buah kapol memiliki harga jual yang cukup stabil serta banyak bandar – bandar yang siap menadah hasil panen dari para petani kapol.
 
Pada juli 2016 pangandaranlife.com pernah berkunjung ke desa bungur raya kec. Langkalancar, akses jalan menuju desa ini sangatlah buruk (waktu itu masih dalam proses perbaikan) sehingga untuk mencapai lokasi desa ini membutuhkan waktu sekitar 2 s.d 3 jam. Sedangkan sekarang ini pada (5/1/2018) terpantau akses jalan menuju desa ini sangat lancar sehingga waktu tempuh untuk mencapai desa ini jadi berkurang, dari Desa Parigi untuk mencapai Desa Bungur raya hanya butuh waktu tempuh yaitu 1 jam saja.
 
Jalan yang sudah dalam kondisi bagus ini adalah merupakan jalan kabupaten, jalan ini juga merupakan jalan alternatif yang menghubungkan Kab. Pangandaran dan Kab. Banjar yang dimana Desa Bungur Raya menjadi titik persimpangannya . Dulu ketika Jembatan Ciputrapinggan patah, banyak masyarakat yang menggunakan jalan alternatif ini. 
 
Jalan yang sudah dalam kondisi bagus ini juga merupakan jalan yang menuju ke beberapa titik tempat wisata yang ada di Kec. Parigi, seperti Objek Wisata Jojogan, Pepedan Hills, Objek Wisata Santirah, dan kemudian  objek wisata yang ada di Kec. Langkaplancar  seperti salah satunya adalah Objek Wisata Goa Lengkob dan Bukit Baruno. Sehingga tentunya ini akan semakin merangsang minta para wisatawan untuk berkunjung ke tempat – tempat wisata lainnya yang terdapat di Kab. Pangandaran, khususnya yang berada di Kec. Parigi dan Kec.Langkaplancar
SHARE THIS