oaliken-hill

Pangandaranlife.com, - Wisata Alam Paliken Hills merupakan sebuah objek wisata alam yang terletak di Desa Pasir Geulis, Kec. Padaherang, Kab. Pangandaran. Paliken Hill merupakan objek Wisata yang menawarkan keindahan dan pemKamungan alam daerah perbukitan seperti halnya pada objek wisata serupa seperti  Objek Wisata Alam jojogan atau  Objek Wisata Alam Pepedan Hill yang terdapat di Desa Selasari Kec. Parigi

Untuk menuju lokasi Objek Wisata Alam Paliken Hill dari terminal Pangandaran kamu perlu menempuh jarak kurang lebih sekitar 42 KM dengan waktu tempuh normal kurang lebih sekitar 1 jam ke arah Kec. Padaherang melewati Kec. Kalipucang.

Objek Wisata Alam Paliken Hill bukan hanya sekedar menawarkan objek wisata alam saja melainkan kamu juga  dapat menikmati sajian wisata kuliner khas Kec. Padaherang seperti Soto Entog (soto bebek), dan juga berkesempatan untuk belajar ataupun menyaksikan tarian seni rongggeng gunung. Selain itu setelah Kamu juga bisa membeli berbagai souvenir  seperti contohnya souvenir tas yang terbuat dari bambu, gantungan kunci dsb.

Sejarah Paliken Hills :
Pada jaman dahulu Paliken Hills adalah lokasi mengatur setrategi perang merebut kerajaan Galuh Pangauban yang di kuasai oleh Prajurit Kalasamudra (Bajo). Dikisahkan sebelum berperang melawan perompak bajo di lokasi ini Dewi Samboja memilih pemimpin perang dengan cara saimbara. Dengan kesaktian Dewi Samboja iya menancampak lidi ke dalam tanah dan mengadakan saimbara “Barang siapa yang dapat mencabut Lidi dialah yang akan menjadi Tamtama (Panglima) Perang” dari sekian banyak pemuda pilih tanding hanya seorang yang dapat mencabut lidi tersebut, pemuda pilih tanding tersebut bernama Sawung Galing dan ternyata iya adalah Patih Kerajaan Galuh Pangauban yang di utus oleh Maharaja Sanghiang Cipta yang di perintahkan untuk mencari sosok Dewi Samboja. Saembara yang di lakukan oleh Saung Galing di lakukan dengan susahpaya karena walaupun Lidi dapat di cabut tetapi permukaan tanah yang digunakan untuk menancapkan lidi ikut tercabut ke Permukaan sehingga berbentuk seperti Kelamin (Pria). Peristiwa itu kemudian di abadikan sampai sekarang menjadi nama lokasi yaitu Paliken, dan lokasi tempat tercabutnya lidi dalam saembara di namakan situs Paliken.
 

Di Destinasi Wisata Alam Paliken Hills Kamu dapat melakukan berbagai kegiatan wisata, seperti bersantai menikmati keindahan alam, berselfi di jembatan cinta dengan background pemandangan alam, Photographi,  berkemah dsb.

Jadi kalau berkunjung ke Kab. Pangandaran  jangan sampai kamu melewatkan objek wisata alam  yang satu ini, pokonya kamu tidak akan kecewa jika menghabiskan sisa waktu liburanmu di Objek Wisata Paliken Hills

SHARE THIS