Bulan Ini DPD KNPI Pangandaran Lakukan Penjaringan Calon Ketua


dpd knpi
Hak cipta gambar milik dpdknpipangandaran.or.id
Pangandaranlife.com, Panitia Pelaksana MUSDA II DPD KNPI Kabupaten Pangandaran telah memulai tahapan penjaringan dan persyaratan bakal calon ketua DPD KNPI KABUPATEN PANGANDARAN PERIODE 2017-2020. 

"Hari ini (senin) sudah hari kedua kita menginformasikan baik melalui media cetak ataupun media elektronik karena kita sudah memulai tahapan penjaringan dan persyaratan bakal calon, yang salah satu syaratnya adalah harus diinformasikan melalui media elektronik atau media cetak selama tiga hari berturut turut itu sesuai ketentuan AD/ART KNPI" Kata Ketua OC MUSDA II Andis Sose, Senin (07/8/2017).

Andis mengatakan ada sembilan tahapan yang akan dilaksanakan beserta syarat pencalonan menurut ketentuan AD/ART KNPI diantaranya:


  1. Pengambilan Blanko Formulir Bakal Calon Ketua DPD KNPI Kab. Pangandaran (10-13 Agustus 2017)
  2. Penyerahan Formulir Bakal Calon Ketua DPD KNPI Kab. Pangandaran dan Penyerahan Dokumen Rekomendasi dukungan OKP dan PK (14 Agustus 2017)
  3. Melwngkapi Berkas Persyaratan Administrasi Bakal calon (15-16 Agustus 2017)
  4. Verifikasi Kelengkapan Dokumen Persyaratan Administrasi (18-19 Agustus 2017)
  5. Pemberitahuan Hasil Penelitian kelengkapan dokumen persyaratan bakal calon (20 Agustus 2017)
  6. Melengkapi dan memperbaiki berkas administrasi pengajuan bakal calon (21-23 Agustus 2017) 
  7. Penelitian ulang berkas dokumen kelengkapan administrasi bakal calon (24 Agustus 2017)
  8. Penetapan bakal calon Ketua DPD KNPI Kab. Pangandaran Periode 2017-2020 (25 Agustus 2017)
  9. Bakal calon ditetapkan menjadi Calon pada Rapat Pleno MUSDA II DPD KNPI Kabupaten Pangandaran (27-28 Agustus 2017).

Adapun syarat-syarat menjadi bakal calon ketua DPD KNPI Kab. Pangandaran pada MUSDA II KNPI Kab. Pangandaran sesuai AD/ART KNPI BAB IV Pasal 21 Ayat 3 diantaranya:


  1. Mengisi formulir pendaftaran bakal calon ketua DPD KNPI Kabupaten Pangandaran Periode 2017-2020
  2. Percaya dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  3. Tidak melebihi 2 Periode pernah menjadi Ketua KNPI Kab. Pangabdaran secara berturut-turut dalam 2 Periode sebelum MUSDA II KNPI Kab. Pangandaran
  4. Pernah dan sedang menjabat sebagai unsur pimpinan Dewan Pengurus Daerah KNPI Kabupaten/kota dan atau Unsur Pimpinan OKP Nasional Tingkat Kabupaten/Kota, dibuktikan dengan menunjukan SK Kepengurusan di masing masing lembaga.
  5. Berprestasi, berdedikasi, loyal terhadap organisasi/Negara, bermoral, tak tercela dan bebas narkoba serta bersedia bertanggungjawab untuk melaksanakan amanah organisasi hingga akhir masa jabatan
  6. Mendapatkan rekomendasi dukungan tertulis dari :
    • a. 3 (tiga) Pengurus Kecamatan KNPI
    • b. 6 (enam) OKP Nasional Tingkat Kabupaten yang berhimpun dalam KNPI dan berstatus sebagai peserta musyawarah daerah KNPI Kab. Pangandaran
    • c. Pengurus Kecamatan KNPI dapat merekomendasikan lebih dari satu orang calon
    • d. OKP Nasional Tingkat Kab. Pangandaran hanya dapat memberikan rekomendasi kepada 1(satu) calon, apabila surat pencalonan bakal calon ketua yang dikeluarkan oleh OKP Nasional tingkat Kab. Pangandaran lebih dari 1(satu) dukungan kepada bakal calon lainnya maka surat dukungan tersebut dinyatakan batal.
  7. Menyampaikan daftar riwayat hidup dan pokok-pokok pikiran mengenai Visi dan Misi serta strategi dan kebijakan dalam memajukan KNPI dihadapan peserta musyawarah daerah KNPI Kab. Pangandaran
  8. Melampirkan foto copy KTP sebanyak 3 (tiga) buah 
  9. Melampirkan foto ukuran 3x4 dan 4x6 sebanyak 5 (lima) buah
  10.  Melampirkan foto diri dalam bentuk soft copy.

Dihubungi di tempat lain Wahyu Hidayat (Ketua BPD IMA-AMS) yang juga sebagai Pengurus DPD KNPI Kab. Pangandarab membenarkan bahwa tahapan MUSDA II DPD KNPI Kab. Pangandaran sudah dimulai. Menurutnya sebagai salah satu pimpinan OKP Tingkat Kabupaten Pangandaran telah menerima surat dari Panitia Musyawarah Daerah II DPD KNPI Kab. Pangandaran dengan Nomor: 01/Pan.OC.MUSDA II/KNPI/PND/2017 pada hari ini(senin 07/8/2017), surat tersebut merupakan Surat Edaran Tahapan Penjaringan Bakal Calon Ketua DPD KNPI Kab. Pangandaran Periode 2017-2020. Ucap wahyu.


Ketua DPD KNPI Pangandaran Untung Saeful menjelaskan bahwa "tahapan tahapan sudah kita lalui sesuai mekanisme yang ada, adapun nanti dikemudian hari ada yang merasa tidak mendapat informasi ini bukan salah kami (KNPI) karena kita sudah menginformasikan dan memulai tahapan sesuai AD/ART KNPI.


dpdknpipangandaran.or.id