penampakan ikan

Heboh Penampakan Ikan Besar di Sungai Cijaluhilir Cijulang

 

Pangandaranlife.com | Cijulang – Warga Cijulang Kec. Cijulang Pangandaran dihebohkan dengan sebuah penampakan ikan besar di sungai Cijalu Hilir pada (9/2/17). Warga berupaya melakukan penangkapan ikan tersebut menggunakan jaring, namun karena ukuran ikan cukup besar, ikan tak berhasil ditangkap.

Saat akan ditangkap, ikan tersebut muncul ke permukaan dengan ukuran panjang sekitar kurang lebih 50 CM. Menurut Andi salah seorang warga yang juga penghoby mancing di daerah tersebut, bila melihat dari punggung ikan, diduga  ikan tersebut merupakan ikan Giant Trevally atau warga sering menyebut ikan tersebut dengan nama ikan bagad.

“Kalau melihat dari ukuran, dan punggung/sirip ikan yang terlihat, kemungkinan itu merupakan ikan Giant Trevally” ujar Andi

“Giant Trevally adalah ikan terbesar, tumbuh ke ukuran maksimum yang pernah dikenal yaitu 170 cm dan berat 80 kg. giant trevally raksasa mendiami berbagai lingkungan laut, dari muara, teluk dangkal dan laguna sebagai anak-anak ke terumbu yang lebih dalam. Ketika masih dalam usia remaja, ikan jenis ini diketahui hidup di perairan salinitas yang sangat rendah seperti danau pesisir dan hulu sungai, dan cenderung memilih air yang keruh” tambah Andi

Penampakan dan percobaan penangkapan ikan tersebut telah menarik perhatian warga, bahwa ternyata di perairan sungai cijulang ini menyimpan sekali banyak kehidupan, salah satunya adalah kehidupan Giant Trevally, untuk itu warga harus sadar akan pentingnya untuk tentang menjaga lingkungan sungai agar kehidupan di perarairan sungai cijaluhilir nyaman untuk ditinggali oleh ikan raksasa seperti Giant Trevally.

 

SHARE THIS