pembangunan pelabuhan

Pembangunan Pelabuhan Nasional Pantai Bojongsalawe

Pangandaranlife.com | Parigi – Pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana angkutan laut yang berada di Pantai Bojongsalawe Desa Karangjaladri, Kec. Parigi, Pangandaran yang dilakansakan pada pertengahan juli 2013 lalu kini sudah memasuki tahap pembangunan bagian jembatan untuk penyebarangan atau untuk keluar masuk kendaraan .
Terpantau pada Jumat, (27/01/17) para pekerja sedang sibuk mengerjakan bagian jembatan untuk penyebarangan atau keluar masuk kendaraan, yang sudah mencapai panjang kurang lebih 22 Meter

Proses pembangunan pelabuhan di Pantai Bojongsalawe ini juga banyak menarik perhatian warga sekitar, banyak diantara warga Parigi yang sengaja datang untuk menyaksikan proses pembangunan jembatan tersebut. Biasanya warga yang ingin menyaksikan proses pembangunan tersebut berdatangan ketika sore hari, ketika cuaca sedang tidak terlalu panas. 

 
 
Seorang petugas Syahbandar Pangandaran, Suherdin mengatakan, pembangunan pelabuhan seluas 3,5 hektare dari luas 10 hektare itu jelas tidak cukup. Pasalnya, ukuran normal untuk pelabuhan nasional mencapai 30 hingga 50 hektare. "Ya sekarang kan Pangandaran sudah jadi Kabupaten sendiri, dan sudah ada Pejabat Bupatinya, rencananya dalam waktu dekat ini saya dan Kepala Syahbandar Pangandaran akan membicarakan lebih lanjut masalah ini ke PJ Bupati," terangnya.

Terkait tenagakerja untuk bongkar muat proyek pembangunan pelabuhan. Suherdin mengaku akan memberdayakan tenaga dari warga setempat. "Tidak menutup kemungkinan dari masyarakat yang ada di Kabupaten Pangandaran untuk tenaga bongkar muat di pelabuhan nasional Bojongsalawe nantinya," harap Suherdin.

Suherdin menyarankan kepada warga setempat mulai sekarang harus belajar dan berlatih dalam hal keterampilan yang menyangkut bongkar muat, seperti mengoprasikan Forklif, administrasi atau petugas bongkar muat. "Warga setempat harus belajar dari sekarang agar nantinya masyarakat sudah tidak kaku lagi," tukasnya.

SHARE THIS