Pemdes Parigi Gelar Pelatihan Membuat Kerajinan Dari Bahan Baku Lidi

Pemdes Parigi Gelar Pelatihan Membuat Kerajinan Dari Bahan Baku Lidi
Kepala Desa Parigi yang sedang memberikan sambutannya dalam acara pelatihan pembuatan kerjainan berbahan baku

Pangandaranlife.com | Parigi - Rabu (07/12/16) Pemerintah Desa Parigi, Kec. Parigi Kab. Pangandaran  menggelar sebuah pelatihan pembuatan kerajinan dari bahan lidi pohon kelapa di Aula kantor Desa Parigi. Acara yang berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Pelatihan Membuat Kerjaninan Berbahan Baku” tersebut dihadiri oleh para pemuda serta para pengrajin yang se-Desa Parigi .

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Dadan selaku Kabid Industri Kabupaten Pangandaran,  kemudian juga pemdes parigi mendatangkan Uswanto salah satu pengrajin asal Desa Wonoharjo Kec. Pangandaran yang ditunjuk sebagai tutor untuk memberikan pelatihan secara teknis tentang tata cara pembuatan kerajinan menggunakan bahan baku lidi dari daun kelapa.

Dalam sambutannya Kepala Desa Parigi Tata Sutarya mengatakan bahwa Pemerintah Desa Parigi hanya sebagai fasilitator saja, hanya memfasilitasi saja supaya bagaimana pemuda – pemudi khususnya yang berada di Desa Parigi Kec. Parigi Pangandaran ini bisa menjadi generasi yang kreatif serta inovatif sehingga diharapkan bisa memberikan perubahan bagi lingkungannya.

“Kami dari Pemerintah Desa Parigi hanya sebagai fasilitator saja, kegiatan ini dalam rangka memberikan pelatihan kepada pemuda/I supaya bagaimana generasi muda ini bisa menjadi generasi yang kreatif serta mandiri” ungkap Tata.

Uswanto warga Desa Wonoharjo Kec. Pangandaran  merupakan pengrajin piring yang terbuat dari bahan baku lidi daun kelapa, hasil kerajinannya tersebut bahkan sudah di ekspor ke luar negeri, seperti ke Brunei Darusalam dan Eropa, sehingga dalam kesempatan tersebut Pemdes Parigi sengaja mendatangkan pria yang akrab di panggil Usman tersebut untuk memberikan pelatihan membuat kerajinan dari bahan baku lidi, dimana kerajinan yang dihasilkan berupa sebuah piring bulat dengan diameter kurang lebih sekitar 20cm.

Para peserta yang mengikuti pelatihan membuat kerajinan cukup antusias saat Usman menjelaskan tata cara pembuatan piring dari bahan lidi, pembuatan piring yang terbuat dari lidi tersebut memang cukup sulit, sehingga banyak dari para peserta yang belum benar – benar bisa membuat kerajinan tersebut sampai selesai, apalagi mengingat waktu yang disediakan oleh panitia sangat terbatas. Namun meskipun demikian, Usman selaku tutor yang memberikan pelatihan dalam kegiatan tersebut, mengatakan siap mengajari kapanpun,  terutama bagi yang berminat menekuni kerajinan tersebut, bisa langsung mendatangi rumahnya yang berada di Desa Wonoharjo.