Resmi di Buka, Pilar Satu Jembatan Bailey Ciputrapinggan Malah Ambruk

Resmi di Buka,  Pilar Satu Jembatan Bailey Ciputrapinggan Malah Ambruk

Pembangunan Jembatan Bailey Ciputrapinggan akhirnya berhasil diselesaikan pada rabu (23/11) namun sayangnya hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan, setelah resmi dibuka pilar satu jembatan bailey Ciputrapinggan Kec. Kalipucang Kab. Pangandaran malah ambruk, bronjong batu penahan besi jembatan tersebut terlihat ambruk karena dihantam arus sungai. Beruntung kejadian tersebut tidak menelan korban, karena bagian yang ambruk pada besi jembatan tersebut hanya sebagian saja.

Baca juga :

Darma Widjaya selaku Kepala Bidang Perhubungan Dinas PU Hubkominfo menjelaskan bahwa ambruknya bronjong batu penahan besi jembatan tersebut diduga akibat tidak kuatnya  bronjong besi jembatan menahan debit air sungai yang semakin tinggi akibat adanya hujan deras.

Sebagai langkah antisipasi untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan maka terpaksa arus lalu lintas dialihkan ke jembatan bailey satu lagi dengan menerapkan sistem buka tutup.

Pada (24/11) Bupati Kabupaten Pangandaran H. Jeje Wiradinata bersama wakilnya Adang Hadari langsung melakukan rapat teknis di Desa Cibenda Kec. Parigi, selanjutnya di Dinas PU Hubkominfo di Pangandaran terkait penangan ambruknya besi penahan jembatan bailey.

Kejadian ini memang cukup disayangkan, masyarakat menilai bahwa proses perencanaan dan pengerjaan jembatan bailey tersebut gagal, jembatan yang semula diharapkan bisa memperlancar akses ke Pangandaran justru malah tidak sesuai dengan harapan, bila melihat kondisinya seperti itu maka bukan tidak mungkin jembatan tersebut bisa sangat membahayakan untuk dilalui.

Kejadian seperti ini harus jadi pembelajaran bagi Pemkab Pangandaran mengingat hal tersebut berkaitan dengan keamanan dan keselamatan masyarakat yang melalui jembatan tersebut, bila terus seperti ini maka tentunya akan terjadi krisis kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah.