goa surupan

Goa Surupan Pangandaran

 
Pangandaranlife.com - Goa Surupan terdapat di Desa Sidomulyo Dusun Pasir Kored, Kecamatan Pangandaran merupakan  Goa yang kini Dinobatkan Sebagai Goa Terpanjang di Kabupaten Pangandaran. Goa Surupan memiliki panjang lebih dari 1km, berada di bawah bukit yang kedalamannya sekitar 75 meter . Memerlukan waktu tempuh kurang lebih sekitar 90 menit untuk dapat menelusuri goa (dari pintu masuk sampi pintu keluar). Goa ini juga berdektan dengan Goa Kaca yang memiliki panjang kurang lebih sekitar 100 meter.

Di Desa Sidomulyo sendiri terdapat 8 Goa diantaranya Goa Walet, Goa Surupan, Goa Lanang, Goa Junti, Goa Pereng, Goa Wadon, Goa Kaca, Goa Cirangkis dan Goa Landak. Dari delapan Goa tersebut, baru dua goa saja yang dijelajahi oleh pihak pengelola wisata untuk menentukan rute.

Goa Surupan memiliki bebatuan – bebatuan,   stalagtit dan stalagmit raksasa. Dalam goa juga terdapat aliran sungai yang sejuk serta terdapat banyak kelelawar yang menempel pada dingding atas bagian goa. Tentunya menelusuri Goa Surupan akan menjadi sebuah liburan yang sangat menantang dan juga menyenangkan, selain menawarkan keindahan, objek wisata alam ini juga menawarkan pemandangan keindahan alam yang sangat indah dengan latar bukit – bukit, dan pemandangan Pantai Pangandaran.

Rute/Perjalanan
Untuk bisa menuju  Goa Surupan ataupun  Goa – goa lainnya yang berada di Desa Sidomulyo ini, dari terminal Pangandaran kurang lebih sekitar 9KM melalui wonoharjo kemudian masuk ke arah Desa Sidomulyo bantar kalong pasir kored. Anda bisa melihat petunjuk jalan yang ada, atau bisa bertanya kepada warga sekitar.

Tiket Masuk
Untuk bisa masuk atau menjelajah ke Goa – goa yang ada di Desa Sidomulyo tersebut Anda hanya cukup merogoh kocek Rp. 10.000/orang.  Terdapat juga para pemandu wisata yang siap membantu Anda menjelajah ke goa – goa yang ada

 
 
Baca Juga :
SHARE THIS