Desa Pagerbumi


jembatan penyebarangan desa pagerbumi

Desa Pagerbumi adalah desa di Kecamatan Cigugur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Indonesia.Desa Pagerbumi sebelah selatan berbatasan dengan desa Kertajaya, sebelah barat berbatasan dengan desa Neglasari, Kabupaten Tasikmalaya, sebelah utara desa Harumandala, dan sebelah timur desa Cigugur, seta desa Campaka.

Masyarakat desa Pagerbumi 100 % menganut agama islam dan berpencaharian sebagai petani. sebagian besar petani di desa ini menyadap kelapa atau aren dan niranya diperoduksi sebagai gula merah. Ada juga yang berprofesi sebagi tengkulak ataupun pedagang. Banyak para pemuda desa pagerbumi yang merantau ke luar daerah bahkan ke luar jawa seperti Riau dan beberapa kota di Kalimantan untuk bekerja. Hasil bumi utama desa ini adalah Kelapa, pisang, dan singkong.

Bila Anda berada di Kecamatan Parigi dan ingin menuju ke Desa Pagerbumi, maka Anda cukup berjalan ke arah utara menuju Kec. Cigugur. Dari Kecamatan Cigugur ada 2 akses jalan menuju Desa Pagerbumi, yaitu ke arah kiri menggunakan jalur Cisalak atau Anda bisa menggunakan jalur potong kompas yaitu ke arah kanan kemudian nanti Anda harus menyebrangi sungai menggunakan perahu rakit


Lihat juga Desa lainnya :