Ribuan Warga Pangandaran Padati Bandar Udara Nusawiru Untuk Menyaksikan Terjun Payung Pertama PON XIX


Terjun payung hari pertama
 
Minggu (18/9/16) Ribuan Warga Pangandaran Padati Bandar Udara Nusawiru Untuk Menyaksikan Terjun Payung Pertama PON XIX – Terjun Payung merupakan salah satu cabang olahraga paling extreme di PON XIX sehingga tidak heran jika pada hari pertama pelaksanaan Terjun Payun PON XIX menyedot banyak perhatian.

Antusiasme warga Kab. Pangandaran cukup tinggi terhadap cabor terjun payung ini, tercatat ada kurang lebih sekitar 1500 warga yang memadati Bandar Udara Nusawiru, bahkan sampai – sampai pihak keamanan kewalahan untuk menertibkan beberapa warga yang masuk ke area panitia. 

Dalam terjun payung pertama yang dilaksanakan pada (18/9) ada sekitar 4 sortie atau 4 kali penerjuanan, dimana dalam 4 sortie tersebut ada sekitar 8 provinsi yang terjun dengan kategori Ketepatan mendarat, kerja sama antar parasut dan kerjasama diudara. Dalam setiap sortie ada 5 - 6 provinsi yang diturunkan sedangkan pada sortie terakhir ada 8 provinsi yang diturunkan. Berikut ini adalah detail urutan terjun payung yang dilakukan pada (18/9) kemarin berdasarkan sortie :

08: 50 Sortie 1 / ACC (ketepatan mendarat)

1. Jawa tengah (PA)
2. MIX/ Sulut – DIY (PA/PI)
3. Lampung (PI)
4. DKI (PA)
5. Jawa Barat (PA)

09:30 Sortie 2 / ACC BBK 1
1. Diy (pi)
2. Aceh (pi)
3. Sulawesi Utara (PI)
4. Sulawesi Selatan (PA)
5. Jawa Barat (PI)

10:40 Sortie 3 / ACC BB1
1. Aceh (PA)
2. DKI (PI)
3. Lampung (PA)
4. Banten (CF)
5. Kalimantan Barat (CF)
6. DKI (CF)

11:15 Sortie 5 / FS BBK 1 (Kerja sama diudara)

1. Jabar (CF/Kerjasama antar parasut)
2. ACEH (CF/Kerjasama antar parasut)
3. ACEH (FS)
4. KALBAR (FS)
5. KALTIM (FS)
6. JABAR (FS)
7. BANTEN (FS)
8. RIAU (FS)

Babak yang paling menarik banyak perhatian warga adalah babak kerja sama diudara, ada sekitar lima penerjun yang meloncat dari ketinggian 10.000 kaki, dimana sebelum parasut dikembangkan, ada 4 penerjun yang melakukan formasi diudara kemudian satu penerjun lagi bertugas untuk mengabadikan/memfoto aksi tersebut. Penilaian untuk kategori kerjasama diudara tidak bisa secara langsung dilihat oleh juri, oleh karenanya Dokumentasi tersebut sengaja dibuat sebagai acuan para juri untuk melakukan penilaian.

Sementara itu untuk mencegah membeludaknya pengunjung, pihak pantia dan keamanan nantinya akan mengarahkan pengunjung yang ingin menonton keseblah timur supaya tidak menganggu aktifitas panitia/juri yang sedang melakukan penilaian.