Asimo, Robot Keren Yang Bisa Diajak Bermain Bola


Asimo Robot buatan Honda ketika bermain bola

Asimo, Robot Keren Yang Bisa Diajak Bermain Bola - Asimo merupakansebuah robot humanoid yang dirancang dan dikembangkan oleh Honda. Asimo diperkenalkan pada (21/10/2000) Asimo merupakan salah satu jenis robot yang didesain untuk beroperasi dilingkungan nyata. Asimo memiliki kemampuan untuk berjalan dan berlari dengan dua kaki pada kecepatan hingga 6KM/jam. 


ASIMO memiliki kemampuan untuk mengenali benda bergerak, postur, gerak tubuh, lingkungan sekitarnya, suara dan wajah, yang memungkinkan untuk berinteraksi dengan manusia. robot dapat mendeteksi gerakan beberapa objek dengan menggunakan informasi visual yang ditangkap oleh dua kamera "mata" di kepala dan juga menentukan jarak dan arah. Fitur ini memungkinkan ASIMO untuk mengikuti atau menghadapi seseorang ketika didekati. Robot menafsirkan perintah suara dan gerak tubuh manusia, memungkinkan untuk mengenali kapan jabat tangan ditawarkan atau ketika gelombang orang atau poin, dan kemudian merespon sesuai. Kemampuan ASIMO untuk membedakan antara suara dan suara lainnya memungkinkan untuk mengidentifikasi sahabat nya. ASIMO mampu merespon dengan namanya dan mengakui suara yang terkait dengan benda jatuh atau tabrakan. Hal ini memungkinkan robot untuk menghadapi seseorang ketika berbicara atau melihat ke arah suara. ASIMO merespon pertanyaan dengan menganggukkan atau memberikan jawaban verbal dalam bahasa yang berbeda dan dapat mengenali sekitar 10 wajah yang berbeda dan alamat mereka dengan nama

Selain itu dalam sebuah uji coba robot Asimo mampu mengantarkan minuman/makanan kepada manusia menggunakan sebuah meja pendorong, dan tidak hanya sampai disitu saja, Asimo juga merupakan salah satu robot yang bisa diajak bermain bola. Ketika sebuah bola yang ditendang Asimo berhasil dimasukan kedalam gawang, Robot Asimo terlihat seperti menunjukan ekpresi bahagia dengan cara mengangkat - ngangkat kedua tangannya. Begitupun ketika Robot Asimo diuji untuk menjaga gawang, ketika gawang yang dijaganya kemasukan bola, dia akan terlihat sedih dengan menggosok - gosokan kedua tangannya pada bagian mata. Robot ini memang bukan hanya didesain untuk bisa bergerak saja tapi juga telah diprogram untuk bisa berekspresi layaknya manusia.


ASIMO memiliki tinggi 130 CM dan berat 54 KG. ASIMO ini didukung oleh isi ulang 51,8 V baterai lithium - ion dengan waktu operasi satu jam . ASIMO memiliki tiga dimensi prosesor komputer yang diciptakan oleh Honda dan terdiri dari die tiga ditumpuk , prosesor , pengubah sinyal dan memori . Komputer yang mengendalikan gerakan ASIMO bertempat di daerah pinggang robot dan dapat dikontrol oleh PC , kontroler nirkabel , atau perintah suara

Sejak ASIMO diperkenalkan pada tahun 2000, robot ini telah melakukan perjalanan di seluruh dunia dan tampil di depan khalayak internasional. ASIMO membuat penampilan publik pertama di AS pada tahun 2002 ketika membunyikan bel untuk membuka sesi perdagangan untuk New York Stock Exchange. Dari Januari 2003 hingga Maret 2005, robot ini telah tur ke AS dan Kanada, menunjukkan kemampuannya untuk lebih dari 130.000 orang. Dari tahun 2003 sampai 2004, ASIMO merupakan bagian dari tur Pendidikan Amerika Utara, yang mengunjungi universitas tinggi ilmu teknologi dan institusi akademik di seluruh Amerika Utara. Tujuan dari tur ini adalah untuk mendorong siswa untuk belajar ilmu pengetahuan melalui pertunjukan live yang menunjukan kemampuan Asimo. 

Selain itu, robot juga mengunjungi perguruan tinggi ilmu komputer dan universitas di seluruh Amerika Serikat sebagai bagian dari ASIMO Teknologi Circuit Tour dalam upaya untuk mendorong siswa untuk mempertimbangkan karir ilmiah. Pada tahun 2004, ASIMO dilantik ke dalam Robot Aula Carnegie Mellon of Fame. Pada bulan Maret 2005, robot berjalan di karpet merah premier dunia dari film animasi komputer, Robot. Pada bulan Juni 2005, ASIMO menjadi fitur dalam sebuah pertunjukan yang disebut "Say 'Hello' untuk Honda ASIMO" di Innoventions tarik Disneyland, yang merupakan bagian dari wilayah Tomorrowland taman. [4] Ini adalah satu-satunya instalasi permanen dari ASIMO di Amerika Utara sampai Innoventions ditutup pada bulan April 2015.

Robot pertama kali mengunjungi Inggris pada bulan Januari 2004 untuk demonstrasi publik di Museum Sains di London. ASIMO melanjutkan tur dunia, membuat berhenti di negara-negara seperti Spanyol, Uni Emirat Arab, Rusia, Afrika Selatan dan Australia. Pada bulan Oktober 2008, ASIMO disambut Pangeran Charles saat berkunjung ke Museum Miraikan di Tokyo

Dalam demonstrasi di kantor pusat Tokyo Honda pada tahun 2007, perusahaan menunjukkan teknologi intelijen baru yang memungkinkan beberapa robot ASIMO untuk bekerja sama. Demonstrasi menunjukkan kemampuan robot untuk mengidentifikasi dan menghindari orang mendekat, bekerja sama dengan ASIMO lain, mengenali kapan untuk mengisi ulang baterai dan melakukan tugas-tugas baru, seperti membawa nampan dan mendorong gerobak.