Pantai Bojong Salawe Jadi Lautan Sampah


foto pantai bojong salawe
Pada selasa Pagi 9/8/16 terlihat banyak tumpukan sampah di daerah pesisir Pantai Bojong Salawe Desa Karangjaladri Kec. Parigi - Pangandaran
Pantai Bojong Salawe Jadi Lautan Sampah - Selasa Pagi 9/8/16 terlihat banyak sekali sampah – sampah yang berserakan di sekitar pesisir Pantai Bojong Salawe, sampah – sampah tersebut di dominasi oleh sampah jenis organik sementara sebgiannya lagi merupakan jenis sampah anorganik yang terdiri dari jenis sampah minuman bekas botol mineral dan sampah plastik jenis lainnya.

Sampah – sampah yang berada di pesisir Pantai Bojong Salawe tersebut sepertinya berasal dari wilayah lain yang terbawa hanyut, atau dari wilayah – wilayah sungai yang bermuara ke Pantai Bojong Salawe. Seperti yang kita ketahui bahwa kebiasaaan warga yang sering membuang sampah ke Sungai secara tidak langsung juga telah ikut mengotori lingkungan Pantai Bojong Salawe.
foto tumpukan sampah di pantai bojong salawe

Perlahan tapi pasti, baik itu secara tidak disadari ataupun tidak, sampah – sampah yang kita buang seenaknya ke Sungai telah banyak ikut menyumbangkan kerusakan, ketika air mengalami pasang /surut, Sampah – sampah yang dibuang ke sungai akan terbawa hanyut dan akan ikut mengotori wilayah lain, dampak yang paling buruk adalah bisa mengotori wilayah laut, tidak sedikit para nelayan yang mendapatkan tumpukan sampah pada jaring mereka saat melakukan aktifitas penangkapan ikan. 
Selama ini sama sekali tak ada ketegasan dari pihak Pemerintah mengenai masalah warga yang menjadikan lingkungan sekitar sungai sebagai tempat pembuangan sampah, padahal hal tersebut tidak bisa terus menerus dibiarkan terjadi. Pemerintah memiliki otoritas yang tinggi untuk membuat aturan apapun yang tujuannya untuk kepentingan bersama, seperti salah satu contohnya adalah dengan membuat aturan/perda khususuntuk melindungi kawasan – kawasan Suangai di Kab. Pangandaran, Perda yang bisa membuat para pembuang sampah ke Sungai menjadi jera.

Jangankan membuat Perda, membuat larangan untuk membuang sampah ke Sungai saja Pemerintah tidak mampu. Bila tidak dimulai dari sekarang mungkin pada akhirnya nanti Sungai – Sungai yang berda di Kab. Pangandaran akan berkahir seperti Sungai – Sungai yang berada di Kota Jakarta.

Padahal sungai – sungai di Kab. Pangandaran memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan menjadi salah satu daya tarik objek wisata, bukan hanya Sungai di Objek Wisata Citumang/Green Valley atau Sungai yang berada di Objek Wisata Green Canyon Cukang Taneuh Cijulang saja yang memiliki potensi, tapi semua kawsan Sungai di Wilayah kekuasan Kab. Pangandaran memiliki banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan untuk kesejahteraan seluruh Masyarakat, dan bila tidak dijaga dari sekarang maka semua kesempatan tersebut mungkin akan menghilang.