“Pacilon” Tempat BAB Tempo Dulu Orang Pangandaran


Tempat BAB Tempo Dulu
Foto pacilon yang diambil di Sungai Cikiray Karangjaladri - Parigi. Pacilon merupakan benda/alat tempo dulu  yang digunakan oleh Pangandaran untuk buang air besar (BAB). Keberadaan Pacilon di Pangandaran sekarang ini sudah semakin langka,
“Pacilon” Tempat BAB Tempo Dulu Orang Pangandaran – Pacilon merupakan sebutan umum untuk tempat BAB yang berada di sekitar Sungi ataupun empang. Pacilon merupakan tempat BAB ( Buang air Besar ) tempo dulu yang masih digunakan sampai sekarang. Sebenarnya untuk saat ini keberadaan Pacilon sudah agak sedikit jarang, tapi memang masih ada, contohnya bisa Anda lihat di sekitar jembatan Sungai Cikiray blok station Parigi.
 
Pacilon juga merupakan salah satu tempat favorite salah satu ikan yang memiliki imej buruk di Pangandaran, ikan tersebut bernama ikan jidur atau juga sering disebut ikan ikan keting. Ikan tersebut memiliki bentuk atau rupa yang menyerupai ikan lele, hanya saja ukurannya tidak terlalu besar. Ikan ini sering berkumpul di Pacilon untuk memakan kotoran manusia, ikan jenis ini memang jarang dimanfaatkan oleh warga sehingga populasi/jumlah dari ikan ini cukup besar.



Baca : Inilah Ikan Yang Punya Imej Buruk di Pangandaran
 
Umumnya Pacilon terbuat dari kayu sebagai tiang dan pentupnya, sementara untuk pijakan rata – rata menggunakan bambu, tapi juga beberapa pacilon saat ini ada yang menggunakan terpal. Intinya memang desain Pacilon ini terdiri dari tiang dan papan kayu dengan bentuk persegi sebgai penutupnya.

Pacilon sudah ada sejak jaman penjajahan dahulu, karena memang pada jaman dulu di Pangandaran belum ada tempat BAB yang terbuat dari keramik seperti saat ini. Tidak ada yang tahu secara pasti siapa yang pertama kali membuat pacilon tapi yang jelas benda tersebut bisa dikatakan sebagai benda bersejarah khusunya bagi Masyarakat Kab. Pangandaran dan umumnya bagi Bangsa Indonesia.