Kawasan Konservasi Mangrove di Desa Karangjaladri

 
foto kawasan konservasi mangrove
Foto Kawasan Konservasi Mangrove di Desa Karangjaladri Dusun Babakan Kec. Parigi yang dilihat dari atas jembatan sungai Cialit
Pangandaranlife.com - Kawasan Konservasi Mangrove di Desa Karangjaladri terletak di kawasan sekitar pesisir Pantai Bojong Salawe Dusun Bojong Salawe Desa Karangjaladri Kec. Parigi atau tepatnya disekitar jembatan sebelum menuju ke titik Pantai Bojong Salawe. Sungai yang berada di bawah jembatan tersebut merupakan bagian wilayah dari Sungai Cialit yang mengalir dari sebelah utara sedangkan untuk Sungai Cikiray mengalir dari arah barat, namun keduanya sama – sama bermuara ke Pantai Bojong Salawe.

Konservasi Mangrove tersebut merupakan hasil dari bakti Mahasiswa Pasundan Bandung yang juga bekerjasama dengan Pemerintah setempat. Penanaman pohon mangrove ini sebenarnya sudah di mulai dari awal tahun 2012 dan masih terus berlangsung sampai saat ini.
Kawasan konservasi mangrove ini juga letaknya berada tidak jauh dari Kampung Mangrove yang didirkkan oleh kelompok Berkah Anugerah.

Dengan adanya kawasan konservasi mangrove tersebut diharapkan bisa memperbaiki ekosistem yang ada di sekitar Sungai. Selain itu penanam mangrove tersebut nantinya diharapkan juga bisa menjadi daya tarik wisata khususnya untuk kawasan wisata Pantai Bojong Salawe.

Kawasan konservasi mangrove tersebut juga sebenarnya merupakan kawasan favorit pra pemancing, biasanya para pemancing berkumpul di sekitar jembatan untuk memancing ikan jenis balanak. Dengan adanya pohon mangrove tentunya akan membuat ikan – ikan atau kehidupan air yang terdapat disungai tersebut akan semakin lebih baik.

Untuk mencapai Kawasan konservasi Mangrove yang terdapat di Desa Karangjaladri dari Pantai Pangandaran, Anda cukup masuk melalui jalur Pantai Batu Hiu ke arah selatan atau ke arah Pantai Bojong Salawe dan nanti Anda akan melihat kawasan hutan mangrove yang berada di sekitar jembatan. Jalan tersebut juga sebenarnya merupakan jalan alternatif untuk menuju kawasan Objek Wisata seperti Desa Wisata Margacinta, Objek Wisata Cukang Taneuh Cijulang, Pantai Madasari dan Pantai Batukaras,

Dari jembatan Sungai Cialit Anda bisa melihat hijaunya pemandangan pohon mangrove, Anda bisa sedikit rilek dan beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalan ke tempat – tempat wisata lainnya yang terdapat wilayah selatan Kab.Pangandaran.