Padi Sudah Mulai Menguning, Pangandaran Siap Panen Lagi

gambar padi yang sudah menguning

Padi Sudah Mulai Menguning, Pangandaran Siap Panen Lagi – Terlihat bahwa  padi di beberapa tempat di Kab.Pangandaran, Seperti Kec. Parigi, Cijulang, dan sekitarnya sudah mulai menguning dan itu artinya para petani siap untuk melakukan panen lagi. Dalam beberapa minggu lagi mungkin, para petani/buruh tani akan membanjiri pesawah untuk memanen padi.

Baca juga : Pangandaran Gadeng Lagi

Sebagian sawah sebenarnya mengalami kegagalan panen, kurang lebih ada sekitar 10% sawah di Kab.Pangandaran yang mengalami kegagalan, penyebab dari kegagalan tersebut adalah karena sekitar awal bulan juni/awal ramadhan lalu, beberapa sawah terendam banjir rob. Sawah yang terendam banjir rob di dominasi oleh sawah – sawah yang berada di sekitar sungai.Kemudian setelah disusul dengan banjir akibat diguyur hujan selama beberapa hari pada awal bulan juli lalu. Sawah yang berada di dataran lebih rendah dengan sistem irigasi buruk tentunya akan dengan mudah terendam air banjir.

Panen pada tahun ini merupakan panen yang kedua kalinya, panen pertama dilaksanakan pada bulan maret dan dilaksankan secara serentak di beberapa daerah di Kab.Pangandaran, hanya beda beberapa hari saja untuk setiap daerahnya. Panen kedua mungkin juga akan dilaksanakan dalam beberapa minggu/hari lagi.