Misteri Ikan Seusepah di Pelabuhan Pantai Bojong Salawe



Foto kawasan pelabuhan Pantai Bojong Salawe Pangandaran yang memiliki banyak ikan red bas/Sesepah.  Kubangan kecil tersebut terbentuk akibat adanya abrasi
 
Misteri Ikan Seusepah di Pelabuhan Pantai Bojong Salawe – Ikan Seusepah/Red Bas merupakan salah jenis ikan yang paling diminati dan dicari oleh para pemancing. Ikan ini memang memiliki sensasi tarikan yang cukup luar biasa dibandingkan ikan lainnya, maka tak heran bila ikan ini selalu dinanti kehadirannya.

Ikan seusepah banyak tersebar di berbagai sungai dan pantai yang ada di Wilayah Kab. Pangandaran, anak ikan seusepah akan lebih mudah terlihat dibandingkan ikan seusepah yang sudah dewasa, itu karena ikan seusepah yang masih kecil lebih sering menghabiskan waktunya di pinggir – pinggir sungai dan tentunya ini akan sangat mudah terlihat oleh para pemancing sehingga ketika sang pemancing melihat anakan ikan seusepah di suatu tempat/sungai maka mereka akang langsung menarik kesimpulan bahwa di tempat tersebut juga pasti ada ikan seusepah dewasa.

Di Pantai Bojong Salawe terdapat sebuah kubangan dengan ukuran yang cukup luas. Di area tersebut juga sekarang sedang di bangun sebuah proyek pelabuhan. Dulunya kubangan tersebut menyatu namun sekarang karena ada proyek pelabuhan maka kubangan tersebut di batasi dengan jembatan batu.

Sumber air dari kubangan tersebut tentunya berasal dari aliran sungai yang ada disampingnya sehingga di kubangan tersebut masih berlaku hukum pasang surut air laut, hanya saja prosesnya sedikit lambat karena air yang mengalir ke kubangan tersebut merupakan air yang masuk melalui celah – celah atau bebatuan jembatan pembatas antara sungai dengan kubangan.

Di Kalangan Para pemancing sendiri belum begitu banyak yang tahu kalau ternyata di kubangan tersebut menyimpan banyak sekali ikan seusepah/red bas dengan ukuran jumbo. Ikan seusepah tersebut sering terlihat terutama pada pagi hari ketika air sedang jernih, disana juga sering terlihat anakan ikan seusepah, dan beberapa jenis ikan lainnya seperti ikan tompel, bakuku, dll.

Banyaknya ikan sesupah jumbo di kubangan tersebut menjadi sebuah misteri tersendiri di kalangan para pemancing, padahal sebenarnya ikan seusepah itu sendiri merupakan ikan yang berasal dari sungai yang berada di sampingnya, karena banyak sekali terlihat anakan ikan seusepah yang bisa keluar masuk ke celah bebatuan pembatasan sungai dan kubangan, ikan yang masuk ke kubangan mungkin merasa betah dan akhirnya tumbuh dewasa di kubangan tersebut, mengingat juga sumber makanan yang terdapat di kubangan tersebut cukup banyak, seperti udang dan ikan – ikan kecil.
Baca juga :  Berburu Vaname di Pelabuhan Pantai Bojong Salawe

Beberapa pemancing yang mencoba memancing ikan seusepah/red bas di tempat ini merasa sedikit kebingungan, tak ada satu ikan seusepah pun yang tertarik untuk memakan umpan para pemancing, sebagian pemancing lainnya pernah merasakan sensasi tarikan ikan seusepah di tempat ini pada malam hari menggunakan umpan ikan balanak kecil, tapi ini sangat jarang sekali terjadi.

Penyebab mengapa ikan seusepah tidak mau memakan umpan para pemancing mungkin karena ketersediaan jumlah makanan yang ada di tempat tersebut cukup banyak. Perlu strategi seperti misal dengan cara mengetahui kapan ikan seusepah mulai melakukan perburuan untuk mencari makanan di tempat tersebut.

Keberadaan kubangan serta kehidupan ikan – ikan yang ada di dalamnya kini jadi daya tarik tersendiri yang membuat Pantai Bojong Salawe semakin di kenal, namun sayangnya kini kubangan tersebut banyak di kotori oleh warga – warga pemalas yang dengan secara sengaja membuang sampah ke tempat tersebut, bahkan di ujung kubangan sebelah utara sangat jelas sekali terlihat banyak tupukan sampah. [Baca : Danau Kecil di Pantai Bojongsalawe Jadi Tempat Pembuangan Sampah ]