Jalan Menuju Pantai Pangandaran Rusak Parah


Foto kerusakan jalan di pesisir Pantai Pangandaran
Foto kerusakan akses jalan dari Desa Cikembulan ke Obyek Wisata Pantai Pangandaran
Jalan Menuju Pantai Pangandaran Rusak Parah -  Setiap hari libur tiba terutama pada momen – momen libur lebaran Obyek Wisata Pantai Pangandaran masih menjadi primadona dan pilihan utama baik wisatawan lokal maupun asing, ini semua mungkin karena infrastruktur/fasilitas yang mendukung di Obyek Wisata Pantai Pangandaran sangat lengkap dibandingkan dengan obyek – obyek wisata lainnya. Ada banyak Hotel/Penginapan, Restoran, dan alat Transportasi yang menunjang kemajuan wisata di Pantai Pangandaran, kemudian ketersedian lahan parkir untuk para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini sangatlah luas.
Baca : Kemacetan di Jalan Pamugaran Pantai Pangandaran 

Infrastruktur/fasilitas yang lengkap tentunya akan menjadi bahan pertimbangan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke suatu obyek wisata, bila kita bandingkan dengan obyek wisata lain yang ada di Kab. Pangandaran memang fasilitas yang ada di Obyek Wisata Pantai Pangandaran lebih unggul.

Tapi dibalik itu semua keunggulan serta lengkapanya fasilitas yang ada di obyek Wisata Pantai Pangandaran, ternyata sebagian akses jalan menuju Pantai Pangandaran masih rusak berat dan sama sekali belum mendapatkan perbaikan sampai saat ini, padahal sebelum pilkada 2015 kemarin Pemerintah Pangandaran begitu gencar melakukan perbaikan.

Sebenarnya ada 2 pintu utama untuk memasuki kawasan wisata Pantai Pangandaran, Pintu utama dari arah timur atau dari arah banjar, sedangkan pintu kedua dari arah Desa Cikembulan atau arah Cijulang – Parigi. Jalan yang mengalami kerusakan parah adalah akses jalan dari Desa Cikembulan, tepatnya daerah jalan sepanjang pesisir Pantai Pangandaran, ada sekitar kurang lebih 1,5 KM jalan yang mengalami kerusakan, meskipun satu arah tapi sebenarnya kerusakan jalan tersebut bisa dibilang sebagai kerusakan di dua wilayah karena kerusakan telah melebihi Batas Desa Cikembulan Kec. Sidamulih dan sisanya adalah kerusakan jalan milik Desa Wonoharjo Kec. Pangandaran. Sementara itu sisanya dari Jalan Bulak laut sampai Pamugaran bisa dibilang mulus.

Jalan ini seharusnya bisa mendapatkan perbaikan mengingat jalan ini merupakan jalan yang sering digunakan untuk akses menuju Obyek Wisata Pantai Pangandaran, dan tentunya kerusakan jalan ini akan menjadi citra buruk bagi obyek wisat pantai Pangandaran dan Pemerintah Kab.Pangandaran

Proyek perbaikan jalan yang dilakukan sebelum pilkada kemarin memang seperti terkesan masih setengah – setengah, sebagian jalan tidak diperbaiki sepenuhnya. Contohnya bisa Anda lihat juga pada jalan yang menghubungkan antara Pantai Batu Hiu dan Pantai Bojong Salawe, sebagian jalan terlihat bagus, tapi sisanya jalan masih rusak, banyak lubang disana – sini yang tentunya dapat menganggu aktifitas perjalanan wisata ataupun warga sekitar yang sering menggunakan jalan tersebut.

Obyek – obyek wisata yang ada di Kab. Pangandaran memang harus dibenahi dan ditata kembali. Bila memang Pemerintah serius dalam pengelolaan tempat – tempat wisata yang ada di Kab. Pangandaran, maka sudah seharusnya untuk sesegara mungkin meninjau kembali beberapa akses jalan yang menuju ke tempat – tempat wisata.