Pameran dan Kontes Burung Bupati CUP I Pangandaran



Pameran dan Kontes Burung Bupati CUP I Pangandaran dilaksanakan pada Minggu, 15/05/16 di alun – alun/lapang kec. Parigi. Selain untuk ajang lomba mencari burung juara, juga sebagai ajang pameran burung berkicau, Masayarakat bisa melihat berbagai jenis burung – burung berkicau, selain itu juga acara ini bisa dijadikan sebagai ajang silahturahmi bagi sesama pecinta burung yang ada di Pangandaran.

Lomba ini diikuti oleh para pecinta burung berkicau di seluruh Kab. Pangandaran dan melobakan berbagai jenis burung diantaranya seperti ciblek, murai, kacer, kores, pentet dan masih banyak lagi yang lainnya.

Meski sempat terjadi sedikit kericuhan antara dewan juri dengan peserta yang tidak terima karena penilaian dewan juri yang dianggap tidak tepat, Acara Kontes burung ini tetap berlangsung dengan lancar dan selesai hingga akhir.

Dengan diadakannya acara ini Pemerintah berharap Masyarakat akan lebih perduli lagi terhadap satwa – satwa yang ada di Kab. Pangadaran terutama satwa jenis burung. Karena beberapa jenis burung di Pangandaran memang diketahui sudah hampir punah dan bahkan ada yang sudah tidak ada seperti misalnya adalah burung kacer.

Burung kacer/larwa dulunya banyak sekali terdapat di Pangandaran, salah satu contohnya Burung larwa ini dulu pernah banyak terdapat di Hutan Dusun Cibunian Desa Margacinta. Kemudian untung jenis burung yang sudah hampir purnah yaitu adalah jenis burung ciblek.

Perburuan liar yang tak bertanggung jawab merupakan penyebab dari masalah kepunahan. Sementara itu untuk saat ini telah banyak para peternak burung yang terdapat di Kab. Pangandaran yang secara tidak langsung telah membantu Pemerintah dalam melestarikan satwa burung yang sudah hampir punah tersebut.

Salah satu contoh peternak yang telah berhasil berternak jenis burung berkicau di Pangandaran adalah Kang Yana, dia adalah salah satu pecinta burung berkicau yang tinggal di Dusun Babakan Kec.Parigi Pangandaran. Berkat keuletan dan ketekunannya, kini dia telah berhasil menternakan beberapa jenis burung, diantaranya Burung Kacer/Larwa, Ciblek/Ninin dan Kenari.

Dengan sedikit dukungan dari Pemerintah, maka para peternak mungkin saja mau diajak bekerja sama untuk ikut membantu Pemerintah melestarikan beberapa satwa burung yang sudah hampir punah, karena walau bagaimanapun satwa tersebut adalah bagian dari Pangandaran yang berhak untuk dilindungi dan dijaga kelestariannya, sehingga nantinya juga Pangandaran bukan hanya dikenal sebagai tempat wisata yang menawarkan keindahan alam/pantai-nya saja tapi juga akan dikenal akan keanekaragaman satwa – satwa liarnya seperti salah satunya adalah satwa burung