Para Pemancing di Pantai Bojongsalawe Ikut Sumbangkan Sampah



Gambar Pemancing di Pantai Bojongsalawe
Salah tempat favorite para pemancing di Kec. Parigi Pangandaran adalah Pantai Bojongsalawe, selain karena tempatnya memang strategis juga karena tempat ini sangat nyaman sekali buat mereka yang hobi memancing. Disebelah selatan Pantai Bojongsalawe merupakan tempat yang sering digunakan untuk memancing, hampir setiap hari terutama pagi dan sore tempat ini tidak pernah sepi dari para pemancing.

Sampah – sampah yang berada di sekitar Pantai Bojongsalawe sebenarnya bukan hanya berasal dari tempat lain yang terbawa hanyut, tapi juga merupakan sampah yang memang sebagian disumbangkan oleh para pemancing, seperti sampah bungkus rokok, plastik, kresek, sampah kaleng dsb. Disekitar area pantai memang tidak ada tempat/tong sampah yang bisa digunakan sehingga mungkin ini juga menjadi salah satu penyebab mengapa para pemancing lebih memilih untuk membuang sampah secara semabarang, tapi sebenarnya itu tidak bisa menjadi alasan bagi mereka untuk membuang sampah secara seenaknya.

Selain dari sumbangan para pemancing, sampah – sampah tersebut juga disumbangkan dari beberapa Sungai yang mengalir atau bermuara ke Pantai bojong salawe, seperti dari sungai cijalu hilir, sungai cikiray dan sungai – sungai lainnya yang dijadikan warga sebagai tempat pembuangan sampah

Kalau Pantai Bojongsalawe dikelola dengan baik, Saya yakin tempat tersebut akan jauh lebih nyaman lagi, tidak perlu membangun bangunan – bangunan mewah atau fasilitas – fasilitas yang aneh – aneh, cukup jaga kebersihannya, kalau perlu sewa/bayar orang khusus untuk mengelola/menjaga kebersihan lingkungan di Pantai Bojongsalawe. Sedangkan kalau Para Pemancing di Pantai Bojongsalawe Ikut Sumbangkan Sampah maka justru ini akan membuat Pantai Bojongsalawe semakin terpuruk dan lambat laun mungkin tempat tersebut hanya akan menjadi tempat yang penuh dengan tumpukan sampah, tentu saja ini tidak bisa terus - terusan dibiarkan, perlu tindakan yang tegas dan sosialisasi dari pihak Pemerintah agar masyarakat mengerti tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan

Kalau menurut pendapat Saya Pemerintah Pangandaran bisa mengambil keuntungan dari misal biaya tiket masuk ke Pantai, dan uang hasil dari keuntungannya digunakan untuk menjaga keindahan/kebersihan pantai, ini cuma saran Saya saja, karena Saya pikir Pantai Bojongsalawe memiliki potensi yang cukup besar untuk jadi obyek wisata menarik di Kab. Pangandaran dan tentu saja ini juga bisa membawa keuntungan bagi Pemerintah maupun Masyarakat Pangandaran.