Pepadi Kab. Pangandaran Gelar Pertunjukan Wayang Golek

Pepadi Kab. Pangandaran Gelar Pertunjukan Wayang Golek - Pepadi ( Persatuan Pedalang Indonesia) Kab. Pangandaran hari ini (26/12) mengadakan pagelaran/pertunjukan wayang golek dalam rangka "Pelestarian Wayang Golek Purwa". Pagelaran Wayang ini dilaksankan di depan Desa Margacinta Kec. Cijulang, acara ini juga akan dihadiri oleh para pelaku seni wayang golek dan  beberapa dalang terkenal di Jawa Barat.

Perlu diketahui  bahwa Wayang Golek Purwa merupakan salah satu bentuk seni pertunjukan yang tumbuh dan berkembang di daerah Jawa Barat. Daerah penyebarannya terbentang luas dari Cirebon di sebelah timur sampai wilayah Banten di sebelah barat, bahkan di daerah Jawa Tengah yang berbatasan dengan Jawa Barat sering pula dipertunjukkan pergelaran Wayang Golek.
 
Wayang Golek Purwa merupakan sebuah pertunjukan boneka (golek) wayang yang biasanya cerita pokoknya bersumber pada cerita Mahabharata dan Ramayana sedangkan  Istilah purwa mengacu pada pakem pedalangan gaya Jawa Barat dan juga Surakarta yang bersumber pada Serat Pustaka Raja Purwa karya R Ng. Ranggowarsito.

Dengan diadakannya Pagelaran Wayang Golek tersebut diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta khususnya bagi para pelaku seni wayang golek itu sendiri dan umumnya seluruh masyarakat Kab. Pangandaran. 

Pagelaran Wayang Golek Pangandaran
 
Pagelaran Wayang Golek seperti ini memang seharusnya menjadi agenda tahunan Pemerintah Kab. Pangandaran. Pagelaran Wayang ini tentu saja juga merupakan sebuah acara yang sangat positif, selain dapat melestarikan kesenian Wayang Golek yang semakin tergerus oleh perkembangan jaman juga ini merupakan sebuah ajang/momentum yang bisa kita manfaatkan untuk memperkenalkan budaya kita ke seluruh penjuru dunia.