Pangandaran Menggelar Acara Adu Ketangkasan Domba Garut

domba garut

Pangandaran Menggelar Acara Adu Ketangkasan Domba Garut - Adu domba adalah salah satu tradsisi atau kebudayaan masyarakat Jawa Barat yang sering digelar setiap tahun/bulan masyarakat Sunda. Sebenarnya kata/istilah “Adu Domba” ini sendiri sudah telah ada sejak jaman kolonial dahulu. Politik ‘adu domba” memilki makna konotasi yang merupakan sebuah taktik pemerintahan colonial dahulu untuk memecah belah Bangsa Indonesia.

Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan para pecinta Domba Garut dari berbagai daerah Kabupaten Pangandaran berkumpul di pesisir pantai Bojongsalawe Desa Karangjaladri untuk menggelar acara yang rutin digelar setiap satu bulan sekali yaitu Acara Adu Ketangkasan Domba Garut. Selain untuk ajang silaturahmi sesama pecinta domba acara ini juga bertujuan untuk melestarikan nilai – nilai budaya dan tradisi kesundaan. 


Ada kurang lebih sekitar 100 domba yang dikutsertakan dalam adu ketangkasan ini. Penilaian dalam adu domba ini tidak didasarkan pada pemenang yang berhasil membuat domba lawan terkapar atau mati. Penilaian juga dilakukan dari segi penampilan luar domba atau fisiknya.



Meski sering menuai pro dan kontra dimasyarakat, para pecinta domba ini tetap rutin menggelar acara tersebut karena mereka berdalih kegiatan adu domba ini mempunyai dampak positif serta keuntungan umumnya untuk masyarakat tatar sunda dan khususnya untuk para pecinta domba itu sendiri