menangkap udang

Menangkap Udang Menggunakan Lidi dan Benang Dari Pohon Pisang

 Anak – anak di daerah Kecamatan Parigi mempunyai kebiasaan unik yang biasa dilakukan setelah pulang sekolah yaitu berburu atau menangkap udang menggunakan Benang/Serat Pohon Pisang dan dengan tambahan lidi dari daun pohon kelapa, mereka sering menyebut kegiatan ini dengan sebutan “Nyantel” dan alat untuk nyantel biasanya disebut dengan cantelan. Nyantel kalau diterjemaahkan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah “Mengait” karena memang proses penangkapan udang dilakukan dengan cara mencatelkan atau mengaitkan benang yang berada di ujung lidi ke mata udang.

Cara untuk membuat alat yang bernama cantelan ini cukup mudah sekali

  1. Pertama sediakan daun pohon kelapa yang panjang. Rautlah daun pohon kelapa tersebut hingga menjadi sebuah lidi 
  2. Siapkan benang/serat dari pohon pisang, ambil sedikit lalu diraut/dikupas menggunakan  tangan secara perlahan hingga menjadi sebuah benang yang tipis serta halus.
 
serat pohon pisang
 
 

Bahan diatas harus dirakit terlebih dahulu menjadi satu dan membentuk sebuah lingkaran yang disesuaikan dengan mata udang.

  1. Ambil benang yang dari pohon pisang kemudian letakan diujung lidi 
  2. Buat lingkaran di bagian ujung lidi 
  3. Selanjutnya akan ada dua benang yang terurai, ikatkan benang tersebut dengan caramemutar memutar/membelitkannya terlebih dahulu ke bagian batang lidi dan selanjutnya   diikatkan.Hingga membentuk lingkaran seperti pada gambar berikut 
 
contoh cantelan
Jika peralatan untuk menangkap udang telah siap maka selanjutnya kita mempersiapkan pakan untuk memancing udang supaya keluar dari tempat persembunyiannya yang berada di bebatuan atau dedaunan, pakan biasanya menggunakan dedak yang telah dibasahi terlebih dahulu. 

 
Prinsip kerja alat yang bernama cantelan ini cukup sederhana yaitu membelit mata udang secara otomatis ketika pengguna alat memasukan benang yang berbentuk lingkaran kedalam mata udang kemudian menariknya, kuncinya terdapat pada serat benang yang halus sehingga ketika berada didalam air serat tersebut bisa membelit mata udang secara otomatis tanpa harus dibelit – belitkan secara manual ke mata udangnya.

 
 
SHARE THIS