Sungai – Sungai di Kabupaten Pangandaran Tercemar


Sebagian sungai – sungai yang berada di kabupaten pangandaran dalam kondisi rusak atau telah tercemar. Limbah – limbah tersebut kebanyakan berasal dari rumah warga yang berada di sekitar sungai, biasanya sampah yang paling banyak dibuang adalah sampah jenis plastik yang sangat sukar untuk diuraikan. Kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan sungai membuat kebiasaan ini terus berlanjut sampai sekarang dan jika ini terus – menerus dibiarkan maka kemungkinan kabupaten pangandaran akan menjadi kota yang dipenuhi sampah. 

Baca : Jembatan Kalenceri Pangandaran Jadi Surga Bagi Para Pembuang Sampah

Foto - Foto Pencemaran Sungai di Kab. Pangandaran

pencemaran sungai 1
pencemaran sungai 2
pencemaran sungai 3

Salah satu sungai yang tercemar adalah sungai yang terdapat di Kec. Parigi, sungai di Karangjaladri dan sungai Cijalu hilir. Dari hasil survei yang dilakukan dari dua tempat tersebut kami menemukan banyak sampah yang berserakan di bibir sungai dan bahkan kondisi tersebut diperparah dengan adanya tempat khusus bagi warga yang ingin membuang sampah

Baca : Sungai Cijulang Yang Malang

Kondisi sungai sudah sangat memprihatinkan, sungai karangjaladri yang tadinya memiliki kedalam lebih dari 2 meter kini hanya memiliki kedalaman kurang dari 140 cm dan mungkin akan terus berkurang kedalamnya seiring dengan prilaku/kebiasaan buruk membuang sampah ke area sungai. Jika sungai – sungai tersebut bisa dirawat/dikelola dengan baik maka tidak menutup kemungkinan sungai tersebut dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakatnya seperti dengan membuka objek wisata berkeliling kota menggunakan perahu dan ini tentunya lebih baik dibandingkan dengan mencemari lingkungan sungai yang justru dapat menimbulkan dampak buruk bagi seluruh masayarakat.

Pemerintah kabupaten pangandaran harus sesegara mungkin mengatasi masalah ini dan memberikan pengarahan/sosialisasi kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Usaha pemerintah untuk menciptakan sungai bersih dan bebas dari sampah tidak akan berhasil, jika tidak ada bantuan dari masayarakat, maka dari itu kita selaku masyarakat juga perlu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan.