Pengunjung Pelabuhan Pangandaran Sumbang Sampah Plastik Setiap Hari

Pengunjung Pelabuhan Pangandaran Sumbang Sampah Plastik Setiap Hari

Tags: 
Berita Pangandaran / Blog

Pangandaranlife.com – Setelah rampungnya pembangunan Pelabuhan Pangandaran yang berada di Dusun Bojongsalawe Desa Karangjaladri, hampir setiap harinya Pelabuhan tersebut tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan terutama pada hari – hari libur dan tidak sedikit dari para pengunjung yang ikut andil dalam menyumbangkan sampah – sampah plastik setiap harinya di sekitar Pelabuhan/Pantai Bojongsalawe.

Selain para pengunjung yang berwisata, mayoritas sampah juga disumbangkan oleh para pemancing yang sering melakukan aktifitas mancing pada jembatan pelabuhan. Dalam praktiknya sekarang ini warga menerapkan sistem tiket masuk, beberapa orang dikenakan biaya tiket untuk memancing di jembatan pelabuhan sekitar Rp. 5000, meskipun sudah menerapkan aturan biaya untuk para pemancing tersebut, tidak nampak sama sekali fasilitas kebersihan di sekitar Pelabuhan, bahkan petugas kebersihan disana malah membuang sisa – sisa sampah dari pemancing tersebut langsung ke laut, sehingga terlihat sekali dengan jelas sampah – sampah plastik yang berserakan.

Pantai Bojongsalawe sebenarnya belum dikelola secara jelas oleh baik oleh Pemerintah Desa ataupun Pemerintah Kabupaten, belum ada penetapan secara pasti sebagai bagian dari destinasi wisata, karena memang wisatawan/pengunjung bisa dengan bebas memasuki wilayah pantai tanpa tiket masuk. Kendati Demikian Pantai Bojongsalawe tetap membutuhkan fasilitas maupun petugas kebersihan yang memadai sehingga keindahan Pantai atau sekitar Pelabuhan Pangandaran tetap terjaga.

 

SHARE THIS