Fenomena Air Keruh Kecoklatan di Sekitar Pantai Batuhiu

Fenomena Air Keruh Kecoklatan di Sekitar Pantai Batuhiu

Tags: 
Berita Pangandaran

 

Pangandaranlife.com – Senin (17/06/19) Ada fenomena yang tidak biasa sekitar Pantai Batuhiu atau 1KM dari Pantai, terlihat ada gulungan ombak dengan warna air yang tidak biasa, berwarna coklat pekat seperti terlihat tercampur sesuatu. Warna air laut disekitar Pantai tersebut memiliki panjang kurang lebih 1KM, namun warna air laut kecoklatan tersebut hanya ada diantara Pantai Batuhiu dan Bojong Salawe sedangkan kondisi disekitar Pantai selain itu memiliki kondisi air yang normal.

Bila diperhatikan lebih teliti air tersebut sebenarnya bukanlah limbah ataupun air yang tercampur minyak, karena air yang berwarna kecoklatan tersebut ternyata sama sekali tidak berbau, atau bau yang dihasilkan seperti air laut biasa

Menurut warga sekitar fenomena tersebut diakibatkan oleh Larong, atau hewan sejenis udang, menurut warga fenomena ini adalah fenomena udang/larong  yang sedang menetas atau warga sekitar menyebutnya “mudah” berbusa . Dengan jumlahnya yang banyak, hal tersebut membuat kondisi air disekitar pesisir berubah warna menjadi keruh kecoklatan.

Menurut warga fenomena kemunculan larong ini adalah sebagai pertanda datangnya musim kemarau panjang dan biasanya muncul ketika air sedang surut.

(Ahmad zaelani / pl)

 

SHARE THIS