Mengenal Cantelan : Alat Tangkap Udang Tradisional Orang Pangandaran

Mengenal Cantelan : Alat Tangkap Udang Tradisional Orang Pangandaran

Tags: 
Blog / Diunggulkan

 

Cantelan merupakan sebuah alat tradisional yang sering digunakan masyarakat Pangandaran untuk menangkap udang. Alat ini terbuat dari lidi dan serat (benang) pohon pisang, alat ini bisa menjerat mata udang dan mengikatnya secara otomatis ketika dimasukan ke mata udang. Di Wilayah Indonesia lainnyapun terdapat teknik yang sama, hanya media yang digunakannya berbeda seperti salah satunya menggunakan rambut atau serat daun nanas.

Pangandaranlife.com – Kabupaten Pangandaran memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, salah satunya adalah terdapat banyaknya udang – udang yang hidup di wilayah perairan ataupun sungai yang berada di wilayah Pangandaran. Sehingga tidak heran jika Pangandaran pun memiliki alat – alat tradisional yang bisa digunakan untuk memanfaatkan kekayaan sumber daya alam tersebut.

Baca juga : Menangkap Udang Menggunakan Lidi dan Benang Dari Pohon Pisang

Istilah Cantelan
Cantelan merupakan sebuah nama dari sebuah alat yang dibuat dari lidi pohon kelapa dan benang pohon pisang. Karena konsep dari alat ini mengikat/menjerat mata udang, sehingga orang Pangandaran menyebut kegiatan ini disebut “nyantel” dan alat yang digunakan disebut “cantelan” yang diambil dari kata “nyantel” atau dalam bahasa Indonesia bisa disebut “nyantol”, dalam kamus bahasa bali, kata nyantel juga ditemukan, dan memiliki arti atau makna yang mirip yaitu “terhubung” atau “terkait” satu sama lain.

Cara Membuat Cantelan

cantelan.jpg

Alat ini terdiri dari dua buah benda yaitu, lidi daun pohon kelapa serta benang (serat) pohon pisang.

  1. Ambil benang yang dari pohon pisang kemudian letakan diujung lidi
  2. Buat lingkaran di bagian ujung lidi
  3. Selanjutnya akan ada dua benang yang terurai, ikatkan benang tersebut dengan caramemutar memutar/membelitkannya terlebih dahulu ke bagian batang lidi dan selanjutnya   diikatkan.Hingga membentuk lingkaran seperti pada gambar berikut

Cara Kerja Alat
Saat benang yang berada diujung lidi dimasukan  ke mata udang dan ditarik dengan arah berlawanan (benang dimasukan dari kiri kemudian ditarik kekanan mata) maka secara otomatis benang (serat) yang terbuat dari pohon pisang tersebut akan mengikat/menjerat mata udang secara otomatis

 

 

SHARE THIS