Disdukcapil Pangandaran Musnahkan 50.600 e-KTP Invalid

Disdukcapil Pangandaran Musnahkan 50.600 e-KTP Invalid

Tags: 
Berita Pangandaran

Pangandaranlife.com - Rabu(19/12/2018) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangandaran melakukan pemusnahan terhada e-KTP yang sudah tidak berlaku atau invalid di halaman Kantor setda pangandaran. Bersama sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran ada sebanyak 50.600 KTP-elektronik dimusnahkan/dibakar

Kepala Disdukcapil Pangandaran Tantan reosnandar mengatakan, pemusnahan e-KTP tersebut berdasarkan surat edaran Menteri Dalam Negeri pada 13 Desember 2018, yang berisi instruksi kepada Disdukcapil se-Indonesia untuk memusnahkan e-KTP yang tidak berlaku.

"Melaksanakan perintah surat edaran Kemendagri untuk melakukan pemusnahan terhadap KTP yang kategorinya invalid atau rusak, ini untuk menghindari jangan sampai KTP ini digunakan untuk hal-hal yang tidak benar," kata Tantan di halaman parkir Kantor Sekretaris Kab. Pangandaran, Rabu.

Tantan menambahkan, selain yang dalam kondisi rusak, e-KTP yang dimusnahkan juga yang mengalami perubahan elemen data, seperti warga yang minta ganti KTP karena tertera masa berlakunya.

"Kemudian KTP yang non-elektronik, kemudian e-KTP yang salah cetak artinya double saat proses pencetakan," ujar Tantan

( Yogi Prayoga )

SHARE THIS