Berapa Anggaran Biaya yang Diperlukan Untuk Liburan di Pangandaran

Berapa Anggaran Biaya yang Diperlukan Untuk Liburan di Pangandaran ?

 

Jadi kira – kira berapa anggaran biaya yang diperlukan jika kita ingin menghabiskan waktu libur di Pangandaran  ?

Pangandaranlife.com, Hai para travelers. Bicara soal liburan pasti tidak akan terlepas dari yang namanya anggara biaya atau budget yang dibutuhkan saat liburan, mulai dari biaya transportasi, konsumsi, menginap, dan mungkin termasuk juga biaya untuk membeli paket wisata (optional tapi kalau gak ada rasanya kurang pas). Semua biaya – biaya yang ada telah disebutkan diatas mungkin bisa lebih sedikit terpangkas terutama jika kamu punya saudara atau teman ditempat liburan yang kamu tuju, jadi biaya menginap dan makan mungkin bisa gratis terus anggaran dimasukan untuk keperluan lain hahah…

Jadi intinya meskipun kita ini anaknya Sultan, tetap saja estimasi biaya saat liburan itu menjadi hal penting yang kudu diperhitungkan, apalagi jika budget kita minim, maka perhitungan anggaran biaya liburan ini menjadi wajib hukumnya

Liburan ditempat manapun sebenarnya tidak mahal terutama kalau uangnya memang ada hahah… tapi kalau mau itung – itungan khususnya saat liburan ke Kab.Pangandaran, mungkin apa yang akan saya jelaskan ini akan sedikit membantu menjelaskan berapa perkiraan biaya/anggaran yang dibutuhkan untuk liburan di Pangandaran.

 

#1 Liburan Sendiri

Namanya juga jomblo *eh, Berlibur sendirian mungkin biaya yang dikeluarkan akan jadi sedikit mahal jika dibandingkan liburan rame – rame, bayangkan saja, kalau seandainya kita liburan rame – rame, lalu sewa Homestay/Penginapan saat dengan biaya Rp. 250.000/malam dengan muat 3 orang/kamar,  maka kita bisa membagi biaya tersebut. Sedangkan jika sendirian yah tentu  biaya tersebut menjadi tanggung jawab kita sendiri. Bisa dibayangkan sendiri kan ? tapi jika memang ingin sendirian saja saat liburan di Pangandaran, tidak mengapa, dan kurang lebih perhitunganny sebagai berikut :

1. Transportasi
Kalau kamu dari Bandung, Jakarta, ataupun Jabodetabek, menggunakan transportasi umum seperti bus budiman perkiraan biayanya adalah sekitar 70 s.d 100 rb, biaya mungkin bisa berubah terutama jika kamu liburan saat hari – hari tertentu seperti saat libur lebaran.

Tapi yang jelas liburan ke Pangandaran tidak akan ribet kalau soal urusan transportasi, kalian tinggal ke pull budiman dan masuk ke jurusan Pangandaran. Kalau sudah sampai tinggal buka peta seperti Google Maps, atau langsung Booking Penginapan. Banyak kok tempat menginap atau homestay di pangandaran yang mau menjemput tamunya tanpa biaya tambahan . Intinya kalau liburan di Pangandaran, soal menginap atau liburannya bisa flexibel, mau sendiri atau rame – rame semuanya bisa disesuaikan.

Jadi kita bulatkan saja atau kita bayangkan saja pulang pergi untuk transportasi ke Pangandaran adalah  Rp.250.000

2. Menginap
Umumnya biaya menginap di pengianapan ataupun homestay yang ada di Pangandaran relatif murah, untuk yang murah biasanya berkisar 100 rb s.d 200 rb per-malanya dan itu rata - rata  sudah gratis makan dan dapat fasilitas gratis seperti wifi. Saran saya kalau mau booking penginapan / homestay, pesannya dari situs yang terpercaya dengan tawaran harga yang murah serta bisa flexibel, maksudnya flexibel itu bisa jemput atau mengantar kamu ke penginapannya, terutama jika kamu sendirian.

Jadi untuk harga menginap atau sewa homestay kita bulatkan saja misal jadi Rp. 200.000 / malam

3. Makan alias Konsumsi
Eh tadi kan kalau sudah pesan penginapan gratis makan ? tapi kalau mau tambah tinggal bilang saja, paling kena biaya tambahan 10 rb atau 15 rb sekali makan. Kalau urusan perutmah bisa flexibel lah.

4. Biaya Liburan atau Beli Paket Wisata di Pangandaran
Kalau hanya sekedar jalan – jalan saja atau keliling Pangandaran seharian, kemungkinan biaya yang diperlukan sekitar Rp. 100.000, itu sudah termasuk perkiraan  tiket biaya masuk ke objek wisata – wisata tertentu, karena di Pangandaran sendiri banyak objek wisata yang tidak memberlakukan tiket/biaya masuk, banyak sekali tempat – tempat wisata di Pangandaran yang bisa diakses secara gratis alias tanpa biaya masuk.

Tapi kalau seandainya kamu ingin merasakan sensasi wisata dengan membeli paket wisata seperti body rafting, river tubing atau jenis paket wisata lainnya kemungkinan biaya yang perlu di perlukan sekitar Rp. 125 rb s.d 150 rb, karena jika sendirian kemungkinan harganya relatif lebih mahal.

Karena untuk default harga Paket Body Rafting atau River Tubing di Pangandaran itu sekitar 80 rb s.d 125 rb dan  biasanya dibatasi dengan jumlah minimal 5 sampai dengan 10 orang per-paketnya, tapi kemungkinan bisa juga sih kalau mau sendirian, tinggal melakukan negosiasi saat melakukan pemesan paket wisata. Terutama jika kamu pesan paket wisatanya di Pangandaranlife.com, semuanya bisa diatur alias flexibel

Jadi kemungkinan estimasi biaya yang perlu kamu keluarkan saat Liburan sendiri di Pangandaran adalah :

Liburan Tanpa Beli Paket Wisata

  1. Transportasi                        : Rp.200.000
  2. Menginap + Makan              : Rp. 200.000
  3. Keliling Pangandaran           : Rp. 100.000
    Total                                   : Rp. 500.000

Liburan + Beli Paket Wisata

  1. Transportasi                   : Rp.200.000
  2. Menginap + Makan        : Rp. 200.000
  3. Beli Paket Wisata          : Rp. 150.000
    Total                             : Rp. 550.000

Ini hanya perkiraaan saja, kemungkinan bisa lebih atau mungkin juga kurang.

*)Tips : Khususnya jika kamu sendirian, carilah penginapan yang murah dan lokasinya strategis (dekat dengan lokasi wisata)

 

#2 Liburan Rame – Rame

Kalau liburan rame – rame tentu akan jauh lebih murah ketimbang liburan sendiri, dan pastinya jauh lebih seru dan rame. Ada banyak keuntungan – keuntungan yang bisa didapatkan dengan berlibur secara bersama – sama, contoh kecilnya saja biaya menginap jadi jauh lebih murah, karena kalian bisa patungan untuk bayar penginapan atau homestay.

1. Transportasi
Kalau mengukur biaya dari segi transportasinya, sebenarnya sama saja karena umumnya dihitung per-orang, jadi kita anggap saja pulang pergi ke Pangandaran biaya-nya Rp. 200.000 juga (mis. Dari Jabodetabek)

2. Menginap
Pangandaranlife.com sendiri menjual beberapa paket penginapan dan homestay dengan kisaran harga yang relatif murah. Karena umumnya kamar – kamar yang disewakan bisa diisi oleh 2 – 3 orang. Contohnya untuk Bill Homestay untuk harga sewa kamarnya Rp. 250 rb / malam bisa di isi (muat kamar) sampai 3 orang. Jadi kalau misalnya ada 3 orang, harga per-kamarnya bisa dibagi 3 orang. 250.000 / 3 = Rp. 83.333 / orang, jadi jauh lebih murah  bukan ?

3. Makan
Sewa Homestay atau Penginapan di Pangandaranlife.com, sudah gratis makan.

4. Biaya Liburan atau Beli Paket Wisata di Pangandaran
Mau hanya sekedar keliling Pangandaran atau beli Paket Wisata yang ada di Pangandaran, harganya pasti akan jauh lebih ringan terutama kalau rame – rame, soalnya biaya bisa patungan.  Misalnya teman – teman kalian ada 10 orang atau lebih, kalian bisa mendapatkan paket wisata yang jauh lebih murah, contohnya jika kalian ingin merasakan Paket Body Rafting Citumang Green Valley, kalian bisa mendapatkannya seharga Rp. 85.000 saja atau ke Paket Body Rafting di  Destinasi wisata lain seperti Jojogan, kalian bisa mendapatkannya seharga Rp. 950.000 saja, sudah gratis makan, jemput ke lokasi meeting point (terminal/hotel/penginapan). Pokonya kalau reme – rame bisa jadi lebih hemat

Selanjutnya mari kita hitung berapa estimasi biaya yang dikeluarkan jika liburan rame - rema ke Pangandaran :

  1. Transportasi                           : Rp. 200.000
  2. Menginap+makan                   : Rp.   83.333
  3. Liburan + Beli Paket Wisata    : Rp. 85.000
    Total                                      : Rp. 368.333

Total kalau liburan rame – rame cuman Rp. 368.333 saja.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dan perkiraaan tentang biaya anggaran liburan di Pangandaran. Namanya juga perkiraan, kemungkinan bisa lebih atau kurang, karena ada banyak faktor – faktor yang bisa menyebabkan biaya liburan jauh lebih mahal ataupun murah. Mau liburan ke Pangandaran sendirian silahkan, mau rame – rame juga silahkan, yang penting ingat ! jagalah kebersihan saat liburan di Pangandaran

Selamat Berlibur :)

 

SHARE THIS