pelepasan penyu dipimpin oleh wabup pangandaran

 

Pangandaranlife.com, Penyu merupakan salah jenis hewan yang dilindungi oleh Pemerintah, penyu termasuk dalam kategori hewan/kura – kura laut yang dapat ditemukan di semua samudra di dunia. Menurut Para Ilmuan, diperkirakan penyu sudah ada sejak zaman Jura (145 – 208 juta tahun yang lalu) atau bisa dibilang penyu ini sudah hidup pada zaman  dinosaurus. 
 
 
Pantai Batu hiu merupakan salah satu tempat wisata di Kab. Pangandaran yang sering dijadikan tempat singgah penyu untuk bertelur. Karena Pantai Batuhiu memiliki kriteria yang sesuai dengan kebutuhan penyu betina yang menyukai Pantai berpasir yang sepi dari manusia dan sumber bising cahaya sebagai tempat bertelur yang jumlahnya bisa ratusan itu, dalam lubang yang digali menggunakan sepasang tungkai. Oleh karana itu pada di Pantai Batuhiu terdapat sebuah tempat konservasi penyu yang juga secara tidak menjadi telah menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi Pantai Batuhiu.
 
 
Tidak sedikit penyu – penyu yang melintas di kawasan/area pantai Kab. Pangandaran tepatnya jalur pantai bojong salawe – batu hiu sering tertangkap oleh jaring – jaring nelayan. Hal ini cukup mengkhawatirkan terutama bagi nelayan yang tidak paham bahwa penyu adalah hewan yang dilindungi oleh Pemerintah, maka mereka akan menjadikan penyu tersebut sebagai hewan konsumsi atau keperluan lainnya yang tentunya dapat merusak kelestarian dari penyu itu sendiri. Dan tidak bisa dipungkiri bahwasanya masih banyak nelayan – nelayan di Pangandaran tidak paham mengenai permasalahan ini
 
Penyu memiliki masa bertelur yang beragam, sekitar 2 – 8 tahun sekali. Dengan rentan waktu yang sangat lama itu  tentu akan menjadi permasalahan tersendiri terutama jika terjadi eksploitasi terhadap penyu, apalagi jika mengingat dari telur – telur penyu yang sudah menetas menjadi tukik (anak penyu) tersebut tidak semuanya dapat bertahan hidup sampai dewasa, mereka bisa dimakan oleh hewan lainnya atau bahkan salah satunya sengaja ditangkap oleh manusia untuk konsumsi. Sehingga tidak heran jika hewan laut yang satu berada diambang kepunahan.
 
Dalam rangka untuk melestarikan salah satu biota laut tersebut yaitu penyu, maka pada (31/12/17) Pemda Pangandran menyelenggarakan kegiatan pelepasan tukik di Pantai Batuhiu Pangandaran. Pelepasan Tukik tersebut di Pimpin langsung oleh Wakil Bupati Pangandaran H. Adang Hadari, DPRD Kab. Pangandaran, Dinas perikanan dan kelautan. 
 
Dalam pelepasan tukik tersebut Wakil Bupati Pangandaran, H. Adang Hadari menyampaikan tentang pentingnya kita khususnya warga masyarakat Kab. Pangandaran untuk bersama – sama ikut menjaga dan melestarikan salah satu biota laut yaitu Penyu, sehingga diharapkan hal tersebut dapat menghindarkan penyu yang saat ini sedang berada dalam ancaman kepunahan
 
SHARE THIS