Desa Pangkalan Langkaplancar Pangandaran

Desa Pangkalan

Gambaran Umum Desa Pangkalan, Kec.Langkaplancar Kab. Pangandaran
Desa pangkalan merupakan Desa dari 14 Desa yang ada di Kec. Langkaplancar Kabupaten Pangandaran yang mempunyai luas wilayah 1025 ha, terdiri atas lahan darat dan sawah 350 ha. Desa Pangkalan mempunyai 4 dusun yaitu Dusun Cibatu, Pangkalan, Cigangsa, Citarunggang dan Cigorowek.
Berdasarkan data pada tahun 2014 jumlah penduduk Desa pangkalan adalah 4.592 Orang dimana hampir 97% penduduknya berprofesi sebagai Petani. 
Sejarah Desa  Pangkalan
Berdasarkan dari sesepuh warga nenek moyang Desa Pangkalan berasal dari keturunan Sukapura seorang pemuda sakti yang bernama Sacawirya ditugas oleh gurunya supaya bermukim disebuah tempat yang disebut tempat Pangupukan Galudra dengan ciri – ciri tempat tersebut adalah : 

1.    Dari barat miring ketimur, dari sebelah timur miring kebarat
2.    Dari sebalah utara miring ke selatan dan dari sebalah selatan miring ke utara

Saat itu sacawiraya berkelana dari daerah tasikmalaya dan menemukan ciri – ciri tempat tersebut. Sacawiraya bermukin disana, dan lama kelamaan setelah banyak pengikut dari sacawiraya berpangkalan didaerah itu yang disebut Tanah Pangupukan Galudra maka kini daerah tersebut dinamakan lembur Pangkalan kemudian Sacawiraya mendirikan sebuah padepokan / pasanggarahan disebelah utara lembur Pangkalan tersebut yang sekarang disebut lembur Pasanggarahan.