20 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Libur Lebaran di Pangandaran

20 persiapan sebelum mudik lebaran
Pangandaranlife.com - Bulan Ramadhan akan segera berkahir, kurang lebih sekitar empat hari lagi kita semua akan menyambut hari kemenangan. Jika berkaca dari tahun sebelumnya, bahwa trafik kunjungan ke Pangandaran saat libur lebaran cukup tinggi, ada banyak orang yang menjadikan Pangandaran sebagai tujuan liburannya, ditambahkan lagi dengan para pemudik  yang memang datang ke Pangandaran untuk mengunjungi/bersilaturahmi kepada keluarga mereka yang kebetulan tinggal di daerah Pangandaran, silaturahmi sekaligus berlibur tentunya.

Ada beberapa hal yang tak boleh kamu lewatkan dan harus kamu ingat sebelum kamu memutuskan untuk mudik atau menghabiskan liburan kamu di Pangandaran, Ujang akan memberikan beberapa Tips bagi kamu yang akan berlibur ataupun mudik ke Pangandaran dan berikut adalah 20 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Libur Lebaran di Pangandaran.

1. Cek Kendaraan
Khusus untuk yang akan liburan menggunakan kendaraan pribadi, pastikan bahwa kamu sudah mengecek kendaraan yang akan kamu gunakan untuk mudik/libur di Pangandaran. Saya sarankan untuk melakukan pengecekan di bengkel langganan Anda, mengecek kendaraan sebelum bepergian adalah yang sangat penting, jangan sampai karena tidak mengecek kendaraan dengan benar kamu jadi gagal libur di Pangandaran.

2. Cek Kesehatan
Selain kendaraannya yang harus di cek, pastikan juga sang pengendara sudah mengecek dirinya dengan baik, kalau memang tidak yakin sebaiknya periksa kesehatan ke puskesma atau Dokter terdekat.

3. Perlengkapan Kendaraan
Untuk kamu yang menggunakan roda dua ataupun roda empat sebagai kendaraan mudik, pastikan kamu membawa perlengkapan kendaraan yang lengkap, seperti helm, jaket dan tentunya surat – surat kendaraan yang lengkap

4. Handphone
Handphone merupakan alat komunikasi, dengan alat ini Anda bisa dengan mudah terhubung dengan keluarga yang ada di rumah, sehingga Anda bisa selalu mengabari posisi dimana Anda berada ketika Anda ketika mudik tiba.

Benda yang satu ini pasti selalu diingat dan selalu dekat, tapi kadang benda ini bisa saja terlupakan karena terlalu sibuk memikirkan/mempersiapkan hal – hal apa saja yang akan kamu bawa saat liburan.

5. Membawa Identitas diri atau KTP
Sepertinya terlihat spele, tapi ini sangat penting terutama bila terjadi hal – hal yang tidak pernah kamu inginkan. Dengan membawa kartu identitas, maka kamu akan dengan mudah dikenali oleh orang lain

6. Casan Handphone
Tidak bisa di pungkiri bahwa benda ini juga terkadang sering terlupakan, jangan sampai Hp kamu lowbet di Pangandaran hanya gara – gara tak ada casan untuk mengsisi ulang baterai Hanphone kamu.

7. Kamera
Kamu yang hobi jepret jangan sampai lupa dengan benda yang satu ini, Pangandaran memiliki banyak tempat eksotis yang bisa kamu jadikan sebagai objek foto.

8. Kartu kredit/ATM
Menyimpan uang di ATM ternyata lebih simple dibandingkan dengan menyimpan uang tunai di dompet, tapi tak masalah juga bila kamu ingin menyimpannya di dompet, namun simpan ditempat yang aman. Kamu bisa menyisakan sedikit uang di dompet terutama untuk keperluan – keperluan seperti membeli bahan bakar atau makanan saat di perjalanan

9. Amplop Putih
Kamu yang bekerja di kota dan ingin berbagi rezeki kepada keluarga yang ada di Pangandaran sebaiknya sudah mempersipakn benda yang satu ini, sebenarnya ini bisa saja di beli di Pangandaran tapi banyak toko – toko di Pangandaran yang tutup ketika lebaran tiba.

10. Perlengkapan Mandi
Ini juga merupakan hal penting terutama jika kamu memutuskan untuk berlama – lama tinggal di Pangandaran, jangan sampai kamu gunakan alat mandi milik orang lain,.

11. Baju
Jangan lupa juga bawa baju secukupnya, kamu bisa membawa baju – baju simple dan jangan lupa juga bawa baju khusus untuk berenang. Pangandaran memiliki Pantai dan sungai – sungai yang indah yang bisa membuat kamu jadi tergoda untuk merasakan sensasinya

12. Perlengkapan Ibadah
Bila kamu merasa lebih percaya diri dengan perlengkapan ibadah yang kamu punya, mungkin kamu membawa perlengkapan ibadah yang kamu punya itu seperti mungkin kopiah, baju koko atau sarung

13. Perlengkapan Kecantikan
Khusus para ladies yang suka dandan dan selalu ingin tampil cantik, maka pastikanlah alat – alat kecantikan yang kamu punya dibawa dan ditaruh dengan rapih di tas.

14. Obat – obatan
Ini juga merupakan hal penting apalagi jika kamu adalah tipe orang yang sering mabuk ketika berkendaraan, pastikan kamu membawa obat yang bisa membuatmu nyaman dan tidak mabuk di kendaraan

15. Oleh – oleh
Khusus bagi kamu yang memang datang untuk bersilaturahmi kepada keluarga, pastikan bahwa kamu membawa oleh – oleh atau buah tangan untuk keluarga/saudara yang kamu kunjungi, mungkin ini tidak wajib, tapi percaya atau tidak terkadang hal ini selalu dinanti – nanti. Kalau kamu merasa  kondisi keuanganmu tidak memadai, maka Saya sarankan untuk tidak memaksakan diri, namun jika Kamu berpikir bahwa uangmu cukup maka ada baiknya untuk membeli oleh – oleh yang sekiranya tidak ribet ataupun mengganggu perjalanan mudik kamu, terutama jika kendaraanmu tidak memungkinkan untuk membawanya.

16. Calon Menantu
Bagi kamu yang jomblo sebaiknya kamu juga harus pikir – pikir untuk mempersiapkan calon menantu untuk dikenalkan kepada saudara – saudara kamu yang ada di Pangandaran, sudah bosan kan ditanyain kapan nikah ? Tapi sebaiknya mungkin poin ini jangan terlalu di pikirkan karena bisa – bisa akan membuat kamu jadi tambah stres saat liburan di Pangandaran

17. Booking Hotel
Kalau memang tujuan Kamu ke Pangandaran adalah untuk berlibur, dan kamu tidak memiliki sudara atau teman di Pangandaran yang bisa mengajkamu untuk tinggal di rumahnya, maka sebaiknya Kamu memesan hotel saja, pastikan kamu memesan hotel sebelum hari lebaran tiba, karena ada kemungkinan hotel – hotel yang ada di Pangandaran akan penuh ketika hari lebaran tiba.

18. Alat Pancing
Khusus yang hobi mancing Saya ingatkan bahwa Pangandaran memiliki spot – spot mancing yang luar biasa, kamu tentunya tak ingin  melewatkan libur lebaran  di Pangandaran hanya dengan berdiam diri saja sementara kamu melihat spot – spot mancing yang begitu menggoda. Ini sebenarnya tidak wajib, tapi jika kendaraan kamu memungkinkan membawa peralatan ini, tak ada salahnya jika dibawa.

19. Sepeda
Benda ini mungkin bisa dibawa terutama bagi mereka yang memiliki hobi bersepeda dan kebetulan memiliki ruang yang cukup untuk menaruh benda ini di mobil

20. Berdo’a
Terkahir adalah jangan lupa Berdo’a, supaya kamu bisa selamat sampai Pangandaran

Selamat Hari Raya Idul Fitri , Semoga Anda dan keluarga selamat sampai tujuan dan bisa berkumpul serta berlibur di Pangandaran bersama keluarga tercinta.

 Baca juga : Oleh – Oleh Yang Wajib Kamu Bawa Pulang Setelah Liburan di Pangandaran