Kondisi Sungai Cikiray Parigi Sangat Memprihatinkan

Sungai Cikiray Pangandaran

Beberapa Sungai di Kab. Pangandaran saat ini memang sudah tercemar oleh beberapa limbah, terutama oleh limbah rumah tangga dan tentu saja sampah – sampah tersebut sebagian besar disumbangkan oleh Masyarakat yang tinggal disekitar sungai. Bila kondisi ini terus dibiarkan maka bukan tidak mungkin Sungai – sungai lainnya pun juga akan ikut tercemar. Salah satu contoh sungai yang tercemar di Kec. Parigi adalah Sungai cikiray yang berada di blok station Parigi Desa Karangjaladri.

 
Kondisi Sungai Cikiray Blok Station Parigi Sangat Memprihatinkan, sungainya semakin dangkal, banyak sampah di sekitar sungai yang berceceran, dan memang disini juga terdapat seperti sebuah blok – blok yang sengaja di buat untuk menampung sampah di sekitar sungai.

Andi Rukandi seorang warga Kec. Parigi mengatakan bahwa dulunya sungai cikiray ini memberikan banyak manfaat untuknya, dia bisa mendapatkan banyak ikan serta udang seperti udang tepus. “Dulu sekitar tahun 60-an Saya sering “ngecrik” udang di tempat ini, dan hanya cukup setengah jam saja Saya sudah bisa mendapatkan banyak udang”, tutur Andi. Sekarang ini ppopulasi beberapa hewan air di tempat tersebut sudah semakin sedikit, dan kalaulah masih ada kemudian masih bisa dimanfaatkan, tidak menutup kemungkinan bahwa hewan air seperti ikan,udang atau kepiting yang diambil dari tempat tersebut tidak aman untuk dikonsumsi, kita memang tidak bisa mengambil kesimpulan begitu saja karena perlu penyelidikan atau penelitian lebih lanjut tentang hal ini. 



 Baca juga : “YODE” Harta Karun Tersembunyi Dari Sungai Cikiray 

Kalau hanya dimanfaatkan saja, diekploitasi sementara sungainya tidak dirawat, diperhatikan atau dijaga, maka tentu saja sungai cikiray akan semakin rusak, bahkan bukan hanya sebatas rusak tapi mungkin juga bisa mendatangkan musibah di kemudian hari.

Pemerintah Pangandaran harus segera dibangunkan agar mereka bisa cepat – cepat bekerja dan mengambil tindakan tegas bagi siapa saja yang telah mencemari sungai di Kab. Pangandaran, harus banyak sosialisai dan bukan hanya berdiam diri, bukan hanya sibuk mengambil keuntungan saja, karena katanya Pangandaran ini bercita – cita ingin menjadi Kabupaten yang menjadi tujuan obyek wisata dunia, tentu saja itu semua hanya akan jadi omong kosong/wacana bila nyatanya Pemerintah seperti tidak perduli dengan masalah pencemaran sungai.

Kemudian Pemerintah juga tidak bisa sendirian dalam menjalankan tugasnya, harus ada koordinasi atau kekompakan antara Masyarakat dengan Pemerintah, intinya memang harus ada kesadaran dari setiap individu bila Pangandaran ingin jadi Kabupaten yang maju.

#SavePangandaran.