7 Goa di Cagar Alam Pangandaran Yang Wajib Anda Tahu

 
goa panggung
Goa Panggung merupakan salah satu dari 7 Goa yang terdapat di Cagar Alam Pantai Pangandaran
Pangandaranlife.com - Berwisata ke Pantai Pangandaran akan terasa kurang lengkap bila belum mengunjungi kawasan Cagar alamnya. Selain dapat menikmati keindahan, kesejukan serta melihat hewan – hewan yang terdapat didalamnya,  Anda juga dapat berkunjung, melihat ataupun menelusuri  Goa – goa yang berada di sekitar  Cagar Alam.

Terdapat sekitar 7 Goa di Cagar Alam Pantai Pangandaran, dan setiap Goa memiliki sejarah, cerita atau mitos masing, Goa – goa tersebut memiliki sejarah atau cerita tersendiri. Berikut ini adalah 7 Goa di Cagar Alam Pangandaran  Yang Wajib Anda Tahu :

1. Goa Panggung
Goa ini disebut Goa Panggung dikarenakan bentuknya mirip sebuah panggung. Dalam Goa tersebut terdapat sebuah makam, yang menurut warga sekitar merupakan makam Mbah Jaga Lautan atau disebut juga sebagai Kyai pancing benar, yang katanya keponakan penguasa laut kidul yaitu Nyi loro kidul
2. Goa Cirengganis
Terdapat sebuah sumber mata air yang keluar dari Goa ini, menurut warga konon katanya sumber mata air yang terdapat di Goa Cirengganis ini tidak pernah kering meskipun pada musim kemarau. Banyak yang mengatakan juga bahwa air yang terdapat ini dapat membuat seseorang menjadi awet muda

3. Goa Lanang
Menurut Cerita Goa Lanang merupakan Goa bekas patilasan kerajaan Pananjung yang dulunya digunakan sebagai keraton sementara kerajaan. Disebut goa lanang karena didalam Goa ini terdapat sebuah batu yang menyerupai seorang laki – laki yang selesai disunat. Hal yang unik dari goa ini adalah terdapat sebuah batu gamelan yang apabila ditabuh dapat menghasilkan bunyi – bunyian layaknya sebuah gamelan

4. Goa Parat
Dengan panjang kurang lebih sekitar 200 meter Goa ini selalu berhasil menarik para wisatawan untuk mengunjunginya. Bila ditelusuri (dari pintu masuk), goa ini bisa tembus sampai ke arah Pantai. Menurut cerita yang beredar dimasyarakat, goa ini merupakan salah satu patilasan Syeh Ahmad dan Syeh Muhamad  yang dikenal sebagai penyebar ajaran agama Islam di masa kerjaan pananjung (Galuh pangauban)

Dalam Goa ini terdapat sebuah stalagtit yang menyerupai alat kelamin laki – laki – dan perempuan, ada juga yang mirip dengan landak, kelelawar, unta dan paha ayam.

5. Goa Sumur Mudal
Dulunya didalam Goa terdapat sebuah sumber mata air yang membentuk sebuah sumur dimana air yang dikeluarkannya seperti bergolak – golak ke atas (mudal).

6. Goa Karang Bolong
Goa karang atau Goa Batu Bolong disebut demikian karena terdapat sebuah batu karang yang berdiri kokoh ditengah laut yang bolong, bila air sedang surut Anda bisa melaluinya menggunakan perhau.

7. Goa Miring (Goa Cemped)
Disebut Goa miring karena untuk dapat masuk ke goa ini para wisatawan perlu memringkan badan. Dalam Goa ini terdapat sebuah batu – batu yang menyerupai mahluk – mahluk gaib yang sering digambarkan pada film – film hantu, ada sebuah batu yang menyerupai kuntilanak dan poconga, ada batu mirip tengkorak serta  batu bidadari