Desa Bungur Raya Langkaplancar Pangandaran


Perbatasan desa Jadi mulya dan Bangun Raya
Foto perbatasan antara Desa Bungur Raya dengan Desa Jadimulaya Kec. Langkap Lancar Kab. Pangandaran
Desa Bungur Raya Langkaplancar Pangandaran - Desa Bungur Raya merupakan salah satu Desa yang berada di Kec. Langkaplancar,  Kab. Pangandaran, Jawa Barat, Desa ini dibentuk pada tahun 2012 hasil dari pemekaran Desa Bojong. 

Desa ini berada kurang lebih sekitar 7KM dari Obyek wisata Santirah yang berada di Desa Selasari, dibutuhkan kurang lebih sekitar 2 s.d 3 jam bila di tempuh dari Kec. Parigi menggunakan sepeda motor, perjalanan yang cukup lama dan jauh,  terlebih akses jalan ke Desa ini sangat rusak dan bahkan tidak layak disebut sebagai jalan. Dari Desa Bungur Raya ini juga sebenarnya terdapat sebuah jalan alternatif yang bisa menghubungkan warga Desa Bungur Raya dengan Kota Banjar

Mayoritas Penduduk di  Desa Bungur Raya berprofesi sebagai petani,dari Desa ini pula banyak dihasilkan buah cengkeh yang merupakan bahan baku pembuatan Rokok, selain itu juga Desa Bungur Raya  merupakan salah satu Desa  penghasil Gula merah dengan kualitas baik. Sementara itu sebagian warga/pemuda Desa Bungur Raya banyak yang memilih merantau ke kota - kota besar seperti Jakarta untuk mencari pekerjaan.

Di Desa Bungur Raya terdapat 2 Sekolah yaitu Sekolah Dasar Negeri 2 Bojong dan Sekolah Menengah Pertama 6 Langkaplancar yang lokasinya tidak jauh dari perbatasan antara Desa Jadimulya dan Bungur Raya.

Satu - satunya masalah yang harus segera diperbaiki dari Desa ini adalah akses jalannya, karena akses jalan ke Desa ini sangat buruk, sebagian memang sudah mendapatkan perbaikan tapi sisanya banyak yang masih belum diperbaiki, bahkan sebagian akses jalan ke tempat Wisata Jojogan dan sekitarnya masih banyak yang perlu mendapatkan perbaikan. 

Baca :  Jalan Bagus, Akses Menuju Desa Penghasil Kapol di Pangandaran Jadi Lancar


Sebenarnya Di Desa Bungur Raya sendiri dalam waktu kurang lebih 1 minggu ke depan akan mengadakan proses perbaikan jalan Desa, bukan akses menuju desanya. Pemerintah lebih berfokus untuk memperbaiki jalan - jalan yang ada di wilayah Desa. 


Lihat Desa lainnya :